Koramil 04/Gampengrejo Turut Mengamankan Jalannya Dengar Pendapat Paguyuban Perangkat Desa

1 (3)(3)

KEDIRI. Ratusan perangkat desa mendatangi kantor Pemkab Kediri guna melakukan dengar pendapat seputar perekrutan perangkat desa dan selaku penanggungjawab, Yohansyah, Ketua Paguyuban Kepala Desa se-Kabupaten Kediri. jumat (7/12/2018)

Koramil 04/Gampengrejo bersama Polsek Gampengrejo dan Satpol PP Kabupaten Kediri bekerjasama mengamankan jalannya dengar pendapat ratusan perangkat desa tersebut. Dalam pengamanan, Koramil Gampengrejo menurunkan 4 orang, selama dengar pendapat berlangsung di kantor Pemkab Kediri.

Yohansyah mengungkapkan ,“Perjalanan kita sudah panjang dan sudah turun. Ada keputusan yudisial, akan tetapi kita selalu di PHP. Untuk itu kita menyuarakan aspirasi kita dengan santun. Kita disini butuh kepastian.”

Sebagaimana dilaporkan Bati Tuud Koramil Gampengrejo, Pelda Santoso, ratusan perangkat desa sempat bersitegang dengan pihak kemananan yang tidak memperbolehkan masuk semuanya, akan tetapi hal itu hanya berlangsung sesaat, setelah terjadi negosiasi penunjukkan perwakilan perangkat desa saja.

Perwakilan tersebut ialah Kepala Desa Klampitan Yohansyah, Kepala Desa Sekaran Purdiman, Kepala Desa Mangunrejo Sutrisno, Kepala Desa Surowono Sujatmiko, Kepala Desa Tulungrejo Wahyudi dan Kepala Desa Kwadungan Abdul Kamid. Sedangkan pihak Pemkab Kediri diwakili Kepala DPMPD Satirin dan Kabag hukum Sukadi.

Disampaikan Yohansyah, desa saat ini banyak kekurangan perangkat desa dan kewenangan mengangkat perangkat desa itu sudah sesuai dengan undang-undang. Ia mendesak Pemkab Kediri agar tahun ini diadakan perekrutan perangkat desa. Menurutnya, Kepala Desa adalah kepanjangan tangan dari Pemerintah Daerah.

Sementara itu, Satirin menjelaskan ,”Nanti malam kita akan berangkat menuju Jakarta untuk mengambil surat terkait dengan perekrutan perangkat desa, dan minggunya kita akan rapat koordinasi dengan perwakilan Kepala Desa. Saya harap perwakilan Kades nanti malam ikut mengambil surat di Kemendagri, setelah itu minggu kita rapat membahas kapan pelaksanaan perekrutan perangkat desa.”

Jalannya dengar pendapat antara paguyuban kepala desa berakhir damai dan pihak Pemkab Kediri sudah memutuskan jalan terbaik dalam pengambilan keputusan. Terkait keputusan yang diambil, pihak paguyuban kepala desa juga sudah mengetahui kepastian yang diharapkan, kendati keputusan tersebut masih akan dijalankan. (Penrem 082/CPYJ).

 

 

Related For Koramil 04/Gampengrejo Turut Mengamankan Jalannya Dengar Pendapat Paguyuban Perangkat Desa