Kodim Kediri Bersama Warga Desa Bangsongan Bersih-Bersih Kali Mantren Dalam Rangka HUT TNI

1

KEDIRI. Menyambut HUT TNI, Kodim 0809/Kediri bersama warga Desa Bangsongan, Kecamatan Pagu mengadakan bersih-bersih Kali Mantren. Bersih-bersih ini tidak lepas dari antisipasi meluapnya Kali Mantren ketika musim hujan tiba dan saat ini sudah memasuki hari terakhir bulan September, sekaligus menatap kedepan bulan Oktober yang identik dengan turunnya hujan. Minggu (30/9/2018)

Kali Mantren ini masih terkoneksi dengan Sungai Brantas yang membelah provinsi Jawa Timur dari selatan hingga utara. Tercatat, Kali Mantren pernah membanjiri perkampungan disekitarnya, tetapi itu terjadi sekitar tahun 1980an, sejak itu, Kali Mantren tidak pernah lagi menunjukkan taringnya.

Hal ini disebabkan kondisi Kali Mantren yang telah mengalami perubahan, dari pendalaman tanah hingga pembuatan peninggian pembatas sungai.

Sebagaimana diungkapkan Pasi Ter Kodim Kediri, Kapten Inf Warsito, bersih-bersih ini diadakan dalam rangka HUT TNI ke-73, sekaligus mengantisipasi dampak musim hujan yang akan segera datang. Kali Mantren, menurutnya sangat perlu diperhatikan, selain berstatus anak Sungai Brantas, Kali Mantren ini juga berfungsi memenuhi kebutuhan pasokan air ke sawah-sawah milik warga.

Tidak hanya Desa Bangsongan saja yang ditopang ketercukupan air, tetapi 3 desa lainnya, juga ikut merasakan manfaat dari kali Mantren ini.

Bersih-bersih dilakukan sepanjang sekitar 200 meter dan kotoran-kotoran yang bertumpuk disepanjang alirannya diambil, selanjutnya dibuang. Khusus tanaman liar yang tumbuh menguasai permukaan Kali Mantren, langsung dibuang dipinggir kanan kiri badan sungai. Sedangkan kotoran-kotoran limbah, ditumpuk di kendaraan pick up yang nantinya dibuang ditempat pembuangan sampah.

Karya bhakti bersih-bersih ini diikuti 30 anggota TNI dari Koramil Pagu dan Koramil Plemahan, serta sekitar 100an warga Desa Bangsongan yang turut berpartisipasi sejak pagi hari hingga siang hari. (Penrem 082 / CPYJ ).

Related For Kodim Kediri Bersama Warga Desa Bangsongan Bersih-Bersih Kali Mantren Dalam Rangka HUT TNI