Kodim Kediri Berhasil Tuntaskan 295 Jamban Untuk Masyarakat

3

KEDIRI. Program jambanisasi yang mengedepankan keluarga berekonomi menengah kebawah ini sudah berakhir. Dari pendataan yang dilakukan masing-masing Babinsa hingga proses pengerjaan pada 27 sampai 31 Agustus 2018 lalu, Selasa (4/9/2018).

Sebagaimana dijelaskan Pasi Ter Kodim Kediri Kapten Inf warsito, apabila lokasi jambanisasi ini tidak memungkinkan dibuatkan didalam rumah, karena mungkin banyak faktor, seperti minimnya luas bangunan atau kondisi bangunan terlalu minimalis, bisa dibuatkan diluar rumah atau sampingnya, dengan catatan kondisi akhir dari pelaksanaan ,sekitar jamban tertutup oleh sekat.

Ia berharap, dengan adanya program jambanisasi ini, keluarga sehat terwujud di Kediri.  Lebih lanjut, kondisi rumah hunian yang tidak memiliki fasilitas jamban sendiri atau masih menumpang di kamar mandi umum, menjadi prioritas utama. Demikian juga bagi keluarga yang masih saja buang hajat di sungai, juga menjadi target dari program jambanisasi ini.

Terkait data yang masuk ke Koramil masing-masing, hal itu merupakan hasil kerja keras Babinsa yang mendata keluarga-keluarga yang berkategori ekonomi menengah kebawah. Data yang sudah masuk ke Koramil harus sesuai dengan kriteria dan Babinsa juga dapat berkonsultasi langsung kepada Ketua RT maupun RW, terkait alokasi jambanisasi dilingkungan RT atau RW tersebut.

Dari keterangan Kapten Inf Warsito, tercatat 295jamban beserta bahan dasar bangunannya sudah disiapkan dan sudah dinyatakan selesai. Dalam pelaksanaannya sendiri, partisipasi warga sekitar atau tetangga juga dibutuhkan guna mempercepat penuntasan proses pembuatan jamban, karena semakin banyak tenaga kerja yang ambil bagian maka semakin cepat waktu pembuatannya.

Selain itu, sebaran program jambanisasi tersebut, lebih difokuskan pada keluarga tidak mampu, dan belum memiliki sama sekali tempat pembuangan tinja. Support tenaga, sangat mendukung pada pelaksanaan program jambanisasi ini, tanpa peran masyarakat, mungkin sulit bisa dituntaskan tepat waktu, sesuai rencana yang sudah diagendakan(Penrem 082 / CPYJ ).

Related For Kodim Kediri Berhasil Tuntaskan 295 Jamban Untuk Masyarakat