Kodim 0815 Mojokerto Gelar Komsos Dengan Keluarga Besar TNI

 BIN KBT (3)

MOJOKERTO.     Kodim 0815 Mojokerto Rem 082/CPYJ menyelenggarakan Komunikasi Sosial  dengan Keluarga Besar TNI (KBT) di Balai Pertemuan Kelurahan Balongsari, Jalan Empu Nala Kecamatan Magersari Kota Mojokerto, Kamis (08/03/2018).

Kegiatan penyelenggaraan komunikasi sosial dengan keluarga besar TNI (KBT) Tahun 2018 Kodim 0815 Mojokerto, bertemakan “Melalui Silahturahmi Dengan Keluarga Besar TNI, Kita Tingkatkan Pemahaman Tentang Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika Untuk Berpartisipasi Dalam Menjaga Dan Mempertahankan Kedaulatan NKRI”, dibuka oleh Kasdim 0815/Mojokerto Mayor Inf Nuryakin, S.Sos, mewakili Dandim 0815/Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, SH.

Hadir dalam kegiatan tersebut, sekitar 125 orang, antara lain Ketua LVRI Mojokerto Letkol Purn Budi Laksana, Ketua  Pepabri Mojokerto, Ketua PPAD Mojokerto, Letkol Purn M. Shodiq, Ketua Persit KCK Cabang XXX Dim 0815, Ketua FKPPI Mojokerto Dra. Sumarni beserta anggota, PPM Mojokerto dan undangan.

Kasdim 0815/Mojokerto, Mayor Inf Nuryakin, S.Sos, saat membacakan sambutan Dandim 0815/Mojokerto diantaranya menyampaikan, kegiatan komunikasi sosial dengan Keluarga Besar TNI ini bertujuan untuk bersilaturahmi dan memelihara serta meningkatkan hubungan antara Prajurit TNI Kodim 0815 dengan Keluarga Besar TNI agar terjalin hubungan yang harmonis guna memberikan pemahaman yang sama terhadap keutuhan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, serta mengajak Keluarga Besar TNI dalam rangka berpartisipasi dalam pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Lanjut Kasdim, komunikasi sosial sebagai salah satu metode pembinaan teritorial, merupakan Wahana untuk mencapai kesepahaman dan persepsi tentang pemberdayaan wilayah pertahanan di darat kepada seluruh komponen bangsa termasuk Keluarga Besar TNI.  Komunikasi sosial antara Prajurit TNI AD dengan Keluarga Besar TNI harus dijaga dan terus ditingkatkan sehingga menumbuhkan kepedulian serta kepekaan terhadap berbagai aspek kehidupan, pungkas Kasdim.

Berikutnya pemberian materi “Nilai – Nilai Pancasila dan Cinta Tanah Air”, oleh Kasdim 0815/Mojokerto, Mayor Inf  Nuryakin, S.Sos, yang memaparkan tentang latar belakang dan sejarah Republik Indonesia, sejak masa Kerajaan Nusantara yakni Kerajaan Sriwijaya Abad VII-XII M dan Kejayaan Mojopahit Abad XIII – XVI yang berakhir dengan Perang Paregreg.
Kasdim juga memaparkan, era perjuangan bersifat kedaerahan, masa kebangkitan nasional dan perjuangan bersifat nasional hingga Lahirnya Republik Indonesia melalui Proklamasi 17 Agustus 1945. “Kemerdekaan Republik Indonesia yang diproklamasikan pada 17 Agustus 1945 bukanlah hadiah atau pemberian Belanda, namun hasil jerih payah perjuangan seluruh komponen bangsa, yang bersatu dan memiliki cita-cita bersama”, tandasnya.

“Setelah Indonesia merdeka, apa yang harus kita perbuat, tentunya menjaga kedaulatan dan eksistensi  Republik ini dengan Pancasila sebagai Ideoginya yang mampu mempersatukan keberagaman suku, agama, ras dan antar golongan”, papar Kasdim.

Di akhir materinya, Kasdim mengajak semua komponen bangsa harus bersatu, untuk mencegah dan menghalau semua ancaman yang mengarah pada disintegrasi bangsa.  Untuk itu mari kita bersama-sama meneguhkan kembali, mempedomani dan menerapkan Empat Konsensus Dasar Berbangsa dan Bernegara yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Sebelum acara berakhir, Ketua LVRI Mojokerto, Letkol Purn Budi Laksana, berkesempatan menyampaikan kesan dan pesan, diantaranya agar para KBT menyampaikan ke warga di wilayahnya masing-masing khususnya generasi muda, agar tidak terpengaruh oleh hal-hal negatif, mengingat saat ini pelajaran/materi P4  di lembaga pendidikan semakin berkurang.  “Terima kasih kepada Dandim 0815 Mojokerto dan warga Kodim 0815 Mojokerto, yang hingga hari ini masih memperhatikan para purnawirawan dan keluarganya”, pungkasnya.

Berikutnya, foto bersama, ramah tamah dan penyerahan souvenir dari Kodim 0815 Mojokerto kepada peserta, menjadi penutup acara. (Penrem 082/CPYJ).

Related For Kodim 0815 Mojokerto Gelar Komsos Dengan Keluarga Besar TNI