Kodim 0815 Latih Paskibra Kota Mojokerto

2(1)

Mojokerto.         Bati Ops Kodim 0815 Mojokerto Peltu Wahyono dan Sertu I Made Arnawa memberikan pelatihan bagi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dalam rangka menyambut Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2017 di Kota Mojokerto bertempat di Lapangan Gelora A. Yani Jalan Ronggolawe Nomor 1 Magersari Kota Mojokerto, Kamis (10/08/2017).  Latihan dimulai tanggal 1 Agustus s.d  tanggal 13 Agustus dan rencananya tanggal 14 Agustus akan dikukuhkan oleh Walikota Mojokerto.
 
Tujuan latihan untuk melatih daya tahan fisik/jasmani yang tangkas dan membentuk ketahanan mental lebih kuat/tangguh.  Selain itu, untuk melatih dan membentuk disiplin, loyalitas serta kekompakan.   Melalui latihan ini akan membentuk karakter dan jiwa kepimpinan para siswa-siswi yang tergabung dalam Paskibraka. Latihan ini untuk menghindari terjadinya kesalahan saat pelaksanaan pengibaran bendera tanggal 17 Agustus 2017.
 
Latihan diikuti 84 orang, terdiri dari Danki Paskibraka Lettu Arm Suminto Danramil 0815/19 Magersari dan Iptu Susilo, SH., Kanit Sabhara Polsek Jetis, untuk Tim Pelatih dari Kodim 0815 Mojokerto Peltu Wahyono, Sertu I Made Arnawa dan Staf Satpol PP Kota Mojokerto, Mujiono.
 
Sementara untuk pasukan pengibar bendera sejumlah 75 orang terdiri Danki 1 orang, Pengawal Bendera dari Kodim 0815 Mojokerto 4 orang, masing-masing Serka Sugeng, Serda Dwi Hartanto, Serda M. Abduh dan Serda Agung S.  
 
Dari pelajar SMA/SMK se-Kota Mojokerto sebanyak 70 siswa. SMAN 1 sebanyak 14 siswa, 17 siswa SMAN 2, dan 4 siswa SMAN 3 serta 8 siswa SMKN 1.  Sementara 2 siswa dari SMKN 2  dan 6 siswa dari MAN 1. Berikutnya 5 siswa SMA TNH, 6 siswa SMK Taman Siswa, 1 siswa SMA Darul Qur’an,  1 siswa SMA Katholik, 2 siswa SMA PGRI 1,  1 siswa SMK BIM, 2 siswa SMK Raden Patah dan 2 siswa SMK PGRI.
 
Dalam kegiatan tersebut, Peltu Wahyono, Sertu Made Arnawa dan Mujiono secara bergantian memberikan materi teori dan praktek peraturan baris berbaris (PBB).  Derap langkah yang tegas dan kompak akan sangat mempengaruhi jiwa dan semangat Paskibraka untuk melaksanakan tugas.  
 
Kekompakan anggota Paskibraka tercermin dari sikap disiplin dalam melaksanakan baris berbaris dan membentuk formasi.  Pembinaan dan pelatihan Paskibraka tidaklah cukup hanya dengan belajar baris berbaris saja, karena tujuan pelatihan Paskibra adalah untuk menciptakan kader-kader terampil dan pintar serta mengenal bangsanya sehingga pada akhirnya terbentuklah generasi bangsa yang kuat baik secara fisik, mental, maupun pikiran.
 
Peltu Wahyono berpesan kepada para siswa-siswi untuk melaksanakan latihan dengan baik, penuh semangat dan jaga kesehatan serta jangan lupa untuk berdo’a kepada Allah SWT supaya diberikan kekuatan, kesehatan dan kemudahan dalam melaksanakan latihan serta diberikan kelancaran saat pelaksanaan pengibaran bendera saat Upacara Detik-Detik Proklamasi. (Penrem 082/CPYJ ).

Related For Kodim 0815 Latih Paskibra Kota Mojokerto