Kodim 0814 Jombang Bantu Masyarakat Pasca Puting Beliung

1 (3)

JOMBANGAngin kencang memporak-porandakan sejumlah rumah warga dibeberapa kecamatan di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, rusak diterjang angin puting beliung. Tak hanya rumah saja, dua kandang peternakan ayam juga roboh total dan rata dengan tanah akibat tersapu angin. Ribuan ekor ayam yang sudah siap panen mati.

Di Desa Genukwatu, Kecamatan Ngoro, misalnya, dua kandang peternakan ayam milik warga luluh lantak dan rata dengan tanah. Lebih dari 5.000 ekor ayam pedaging yang sudah siap panen mati, kejadian berlangsung pada senin sore, 7 januari 2019

Jajaran kodim 0814 Jombang, langsung merespon dengan mengirim personel untuk mendata jumlah warga yang rumahnya terkena dampak puting beliung kemarin.

Komandan Kodim (Dandim) 0814/Jombang Letkol Arm Beni Sutrisno mengatakan, peristiwa angin puting beliung terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Hujan bercampur angin cukup lebat juga mengguyur beberapa daerah di Kabupaten Jombang. “ Untuk mengantisipasi bencana tersebut, saya perintahkan jajaran Koramil yang ada di Kodim 0814 Jombang selalu memantau situasi dan bergerak bila ada bencana alam,” ujarnya.

Dandim menyampaikan, masyarakat yang tertimpa bencana membutuhkan bantuan sesegera mungkin, karena rumah warga banyak yang rusak. “ Tugas TNI adalah membantu kesulitan warga, untuk itu mari kita segera membantu untuk meringankan bebannya,”ungkapnya.

Setelah di lakukan pendataan, pihaknya melaksanakan langkah-langkah awal dengan membersihkan puing-puing bekas terjangan puting beliung, serta membetulkan genting-genting yang bergeser, bagi warga yang rumahnya rusak.

Selain di Kecamatan Ngoro, berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang, angin puting beliung juga menerjang pemukiman warga di dua kecamatan lainnya, diantaranya adalah di Kecamatan Kota Jombang dan Kecamatan Ploso. (Penrem 082/CPYJ).

Related For Kodim 0814 Jombang Bantu Masyarakat Pasca Puting Beliung