Kewaspadaan Babinsa Dalam Pemberantasan Populasi Hama Tikus

 dok1(2)

Lamongan-, Pola tanam petani yang heterogen dalam arti waktu tanamnya tidak bersamaan merupakan salah satu faktor mudahnya terserang hama, namun demikian kalau kewaspadaan petani cukup tinggi hal tersebut tidak akan berpengaruh pada produktifitas pertanian.

Seperti halnya di Kelurahan Desa Mojodadi Kecamatan Kedungpring,Kab Lamongan,dimana beberapa petani mulai mengeluhkan adanya serangan hama tikus kepada Babinsa maupun PPL saat berkunjung ke lahan pertanian.

Dari informasi tersebut Babinsa Mojodadi Kopda Tamam bersama PPL masing-masing ke UPTD untuk mengkoordinasikan hal tersebut, dan dari UPTD langsung mendapatkan respon untuk diadakan pembasmian, bahkan UPTD memberikan bantuan obat pembasmi tikus berupa “ tiran dan petrokum”.

Pada Selasa 09/01/2018 Wib secara serentak di  Kelurahan yang tempatnya berdampingan tersebut dilaksanakan pembasmian tikus secara beramai-ramai dengan kelompok tani dan para petani anggotanya, hadir pada kesempatan tersebut dari Dinas Pertanian Kec Kedungpring, Kepala UPTD Pertanian Kec Kedungpring.

Salah Satu Ketua Kelompok Tani Sumber Makmur P Ismadi saat kami konfirmasi menyampaikan terima kasin kepada babinsa, PPL dan UPTD Kec Kedungpring, karena kalau tidak segera diadakan pembasmian secara serentak seperti ini pastinya akan menghabiskan tanaman padi yang sudah mulai berbungan ini.

Danramil 0812/11 Kedungpring Kapten Inf Budi Santoso pada saat kami konfirmasi menyampaikan bahwa memang untuk Kec Kedungpring relatif terserang gangguan hama, namun dengan kewaspadaan Babinsa dan PPL serta Kelompok Tani seperti itu tentunya akan mencegah melebarnya serangan hama tikus.

Komandan Kodim 0812 Lamongan Letkol Arh Sukma Yudha Wibawa saat kami konfirmasi juga terkait dengan mulai adanya serangan beberapa jenis hama, membenarkan bahwa dibeberapa kecamatan memang ada sedikit gangguan hama namun sesuai perintah saya untuk selalu waspada dan koordinasi apabila ada kendala, hal tersebut dapat segera diselesaikan.

Pesan saya kepada seluruh Koramil Jajaran dan Babinsa untuk senantiasa focus pada pertanian diwilayahnya, kawal tanaman petani jangan sampai terkena wabah serangan hama, segera adakan pembasmian manakala ada gangguan kecil koordinasikan dengan unsur terkait sehingga tidak semakin melebar. (Penrem 082/CPYJ)

Related For Kewaspadaan Babinsa Dalam Pemberantasan Populasi Hama Tikus