Kesiapan Dan Kesigapan Satlinmas Sukseskan Pilkada

 1(3)

KEDIRI.-    Jelang pemilihan kepala daerah Gubernur dan Wakil Gubernur serta Walikota dan Wakil Walikota, Satpol PP Kota Kediri bekerjasama dengan Koramil 01/Kota dan Polsek Kota, mengadakan sosialisasi siskam swakarsa dalam rangka kesiapan dan kesigapan Satlinmas guna mensukseskan Pilkada. Sosialisasi ini berlangsung di balai Kelurahan Semampir Kecamatan Kota dan dihadiri Danramil Kota Kapten Arm Bangun Budi Adi, Kapolsek Kota Kompol Sucipto, Camat Kota Herry Purnomo serta Kasatpol PP Kediri Ali Mukhlis, Rabu (02/05/2018)

“Ada 5 tugas pokok Satlinmas, membantu penanggulangan bencana, membantu ketertiban dan ketentraman masyarakat, membantu kegiatan sosial masyarakat, membantu penanganan keamanan ,serta membantu upaya pertahanan negara. Kelima-limanya ini harus saling kerjasama. Komunikasi juga harus ada, tanpa komunikasi, pasti ada miss komunikasi,” kata Kompol Sucipto.

Keterkaitan dengan Pilkada, ia menghimbau kepada seluruh anggota Satlinmas untuk tidak keluar rel atau bertindak diluar tugas pokoknya. Anggota Satlinmas tidak boleh ikut campur dalam tugas pokok yang ada pada KPPS, PPS maupun PPK, karena dalam pemilihan suara, hal tersebut sudah diatur oleh KPU.

Berdasarkan catatan PPK Kecamatan Kota, di Kecamatan Kota tercatat ada 153 TPS  dan 17 PPS yang tersebar di 17 kelurahan. Sedangkan pengamanan sekaligus penempatan Satlinmas, tercatat 306 orang menempati TPS-TPS di 17 kelurahan dan 102 orang menempati PPS-PPS yang tersebar di Kecamatan Kota.

“Setiap anggota Satlinmas harus tegas dalam bertindak, terutama kepada oknum-oknum yang membuat kerusuhan atau kekacauan di TPS, tetapi itu ada aturannya, tidak boleh asal main hakim sendiri. Konsultasikan terlebih dahulu pada petugas KPPS di lokasi keberadaan TPS itu, dan jangan lupa hubungi TNI dan Polri yang ada disekitar lokasi,” kata Kapten Arm Bangun Budi Adi.

Dalam proses pemungutan suara, ia menghimbau kepada anggota Satlinmas agar tidak mencampuri atau mempengaruhi pemilik hak suara yang akan melakukan pemungutan suara di TPS, karena setiap pemilik hak suara berhak menentukan pilihannya sesuai dengan hati nuraninya. (Penrem 082/CPYJ).

Related For Kesiapan Dan Kesigapan Satlinmas Sukseskan Pilkada