Kepedulian Dandim 0814 Jombang Kepada Anak Yatim

1 (3)

Jombang. Dandim 0814 Jombang Letkol Arm Beni Sutrisno S.Sos mengunjungi rumah anak berusia 10 tahun yang merawat neneknya seorang diri Rt 37 Rw 11 Dusun Murong Timur, Desa Mayangan, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Bocah itu bernama Helmi Prayoga yang setiap hari merawat nenek Samunti (80) seorang diri sejak ditinggal ayahnya meninggal dan ibunya bekerja tanpa ada kabar. Dandim 0814 Jombang Letkol Arm Beni Sutrisno S.Sos datang bersama Danramil 0814/18 Jogoroto Kapten Czi Budi Santoso dan Kepala desa Mayangan serta perangkat desa setempat.

Dengan keterbatasannya namun senyum masih menghiasi wajahnya menyambut kedatangan orang nomor satu di Kodim 0814 Jombang ini. Melihat kondisi Yoga, Dandim memberikan bantuan kepada Yoga bersama sang nenek.

Diketahui, setiap pulang sekolah biasanya Anda melihat anak-anak langsung pergi bermain dengan teman sebayanya. Namun tidak bagi Helmi Prayoga bocah berusia 10 tahun ini, ia harus mengurus rumahnya seorang sendiri serta merawat neneknya yang sedang sakit-sakitan.

Siswa kelas dua Sekolah Dasar (SD) Negeri Ngudirejo, Jogoroto ini memang bukan pria dewasa yang bisa mengerjakan apa pun. Namun Yoga mampu merawat nenek Samunti (80) dengan baik. Sebelum berangkat sekolah Yoga sudah merawat dan menyuapi neneknya, begitu juga ketika bocah ini pulang sekolah. Yoga lantas berganti pakaian kemudian mengisi bak mandi, menyuapi makan dan memberi obat neneknya yang sedang sakit.

Bahkan Yoga rela sampai tidak masuk sekolah beberapa hari karena merawat neneknya yang sedang sakit. “Kemarin dua hari ndak masuk sekolah, nenek sakit soalnya,” jelasnya, kepada awak media. Yoga hanya tinggal dengan neneknya di Rt 37 Rw 11Dusun Murong Timur, Desa Mayangan, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, sejak ia masih kecil.

Menurut Dawam selaku ketua RT, selama beberapa tahun terakhir, ibu Yoga yang pamit kerja itu tidak pernah pulang. Mengirimkan uang pun belum pernah. Keluarga sempat mencari hingga ke luar Jawa namun sia-sia. Pernah ada kabar ibu Yoga berada di Kalimantan. “Informasi terakhir, katanya di Kalimantan,” pungkas Mohammad Dawam.

Cerita nyata kehidupan Yoga bak cerita sinetron sempat menjadi viral, dan mendapat banyak atensi dari beberapa kalangan masyarakat seperti Pjs Bupati Jombang Setiajit langsung berkoordinasi dengan Plt. Kadis Sosial untuk membantu keseharian Yoga bersama sang nenek, selain itu beliau juga berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk bisa membantu pendidikan Yoga sampai tamat SMA atau sederajat. Sedangkan untuk perawatan nenek Samunti yang menderita TBC, Setiajit berkoordinasi dengan Camat Jogoroto untuk bisa memfasilitasi terkait dengan kesehatan sang nenek.  (Penrem 082/CPYJ).


tags:

Related For Kepedulian Dandim 0814 Jombang Kepada Anak Yatim