KEIKUTSERTAAN BABINSA DALAM PEMELIHARAAN TANAMAN JAGUNG

2
Lamongan-,    Dalam rangka mewujudkan program swasembada pangan, salah satu Babinsa Serka M Anas Babinsa Koramil 0812/07 Paciran, melaksanakan monitoring dan pengecekan kesuburan tanaman jagung  untuk persiapan panen milik Petani di desa Derajad Kecamatan Paciran,  Kab Lamongan, Jawa Timur, Minggu 01/10/2017).
 
Menurut Danramil 0812/17 Paciran Kapten Arh Suherman, kegiatan yang dilakukan Babinsa dan petani agar  tanaman kedelai yang ditanam oleh para petani di wilayah Kecamatan Mantup dapat tumbuh dengan baik dan hasil panennya sesuai target yang diharapkan.
 
Babinsa dan PPL sering meninjau lokasi pertanian dan terjun langsung ke lapangan. Babinsa Desa Kedung Suko mengaku tidak hanya meninjau namun juga memberi pengarahan ke petani secara langsung, karna kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pemeliharaan untuk persiapan panen tanaman  jagung  dengan  cara  mengamati  hama tanaman  jagung  dan  sekaligus  memberikan  arahan  cara  pemeliharaan  tanaman kedelai yang baik kepada para petani yang saat ini sedang menanam jagung.
 
Koramil 17 Paciran melalui Babinsanya harus selalu mendampingi petani dalam segala hal yang menyangkut dengan bidang pertanian. Hal ini disambut baik oleh petani karena kondisi tanamannya selalu diawasi oleh babinsa. Apabila ada tanaman yang terkena penyakit, maka akan langsung diobati bekerjasama dengan PPL dan Poktani.
 
Karena yang dahulu setiap kendala yang dihadapi petani selalu tidak ada yang membantu, akan tetapi dengan adanya babinsa pendamping petani maka kendala petani akan terpecahkan.
 
“Tidak hanya tanaman  padi  yang  kita  berikan  penyuluhan  langsung,  namun  termasuk  tanaman palawija seperti kedelai yang saat ini sedang memasuki musim panen di wilayah binaan kami,” ujar Serka M Anas . (Penrem 082/CPYJ )

Related For KEIKUTSERTAAN BABINSA DALAM PEMELIHARAAN TANAMAN JAGUNG