Kebersamaan TNI – Polri Di Kutorejo Dalam Pelaksanaan Imunisasi Difteri

 SMAN (3)

MOJOKERTO.    Pelaksanaan Outbreak Response Immunization (ORI) Difteri yang berlangsung secara serentak di wilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto sudah berlangsung sejak awal Pebruari 2018 ini direspon positif oleh Koramil Jajaran Kodim 0815/Mojokerto bersama Polsek setempat yang turun langsung berpartisipasi mengkampanyekan pelaksanaan imunisasi di sekolah-sekolah, Posyandu dan fasilitas kesehatan lainnya.

Kali ini, Selasa (13/02/2018), di wilayah kerja UPT Puskesmas Kutorejo, pelaksanaan imunisasi dilakukan bagi 795 orang siswa/siswi kelas VII – IX SMPN 1 Kutorejo oleh Petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto Dina Ekayanti, Amd. Kep, beserta 3 orang, Kepala UPT Puskesmas Kutorejo dr. Dadang Hendryanto beserta anggota.

Turut serta mendampingi, Wakapolsek Kutorejo Ipda Misdak, Babinsa Koramil 0815/13 Kutorejo Serka Subini, Bhabinkamtibmas Desa Kutorejo Bripka Gunardi dan Bidan Desa Kutorejo Wiwik Asmianah, Amd. Keb., serta dihadiri Kepala UPT SMPN 1 Kutorejo Sumardi, S.Pd., MM beserta para guru. Dari target 795 orang siswa/siswi yang diimunisasi sebanyak 791 siswa, sedangkan 4 orang siswa/siswi batal diimunisasi karena sakit.

Sementara di wilayah kerja UPT Puskesmas Pesanggrahan, sasaran imunisasi difteri bagi 53 orang siswa/siswi SD-MI Dusun Pandanrejo Desa Simbaringin, dilakukan oleh Tim Medis dari UPT Puskesmas Pesanggrahan dr. Rohmatun Naja beserta anggota dan Bidan Desa Simbaringin Kusyatin, Amd., Keb., serta didampingi Babinsa Simbaringin Serka Prayitno dan para guru.  Dari target 53 orang siswa/siswi, yang berhasil diimunisasi sebanyak 52 orang siswa/siswi sedangkan 1 orang iswa batal diimunisasi karena sakit.                                

Sehari sebelumnya, Senin (12/02), di wilayah kerja UPT Puskesmas Kutorejo, kegiatan imunisasi difteri dilaksanakan di SMAN 1 Kutorejo Kabupaten Mojokerto, dengan sasaran 885 siswa-siswi kelas X hingga kelas XII.  Pelaksanaan imunisasi dilakukan oleh Tim Kesehatan yang dipimpin Kepala UPT Puskesmas Kutorejo dr. Dadang Hendryanto beserta anggota dan Bidan Desa Kutorejo Wiwik Asmianah, Amd. Keb.  Dari 885 siswa/siswi, yang menjadi sasaran imunisasi sebanyak 879 orang sedangkan 6 orang batal diimunisasi karena sakit.

Turut serta mendampingi kegiatan tersebut, yakni Babinsa Kutorejo Koramil 0815/13 Kutorejo Serka Subini bersama Wakapolsek Kutorejo Ipda Misdak dan Bhabinkamtibmas Desa Kutorejo Bripka Gunardi serta dihadiri Kepala UPT SMAN 1 Kutorejo Drs. Samsul Muarifin, M.Pd beserta para guru.

Secara terpisah, Danramil 0815/13 Kutorejo Kapten Inf Desto Jumeno mengungkapkan, mengutip keterangan Kepala UPT Puskesmas Pesanggrahan dr. Rohmatun Naja, dalam pelaksanaan imunisasi difteri di wilayah kerja UPT Puskesmas Pesanggrahan yang terdiri dari 8 Desa yakni Desa Payungrejo, Simbaringin, Sampangagung, Jiyu, Pesanggrahan, Windurejo, Kertosari dan Desa Sawoo, disiapkan tiga jenis vaksin yaitu DPT-HB-Hib sebanyak 595, Vaksin DT 101 dan vaksin Td sejumlah 521.

Sementara di wilayah kerja UPT Puskesmas Kutorejo yang meliputi 9 desa yakni Desa Kutorejo, Kepuharum, Gedangan, Karangdiyeng, Kepuhpandak, Kaligoro,  Karangasem, Wonodadi dan Desa Singowangi.  Mengutip keterangan Kepala UPT Puskesmas Kutorejo dr. Dadang Hendryanto, terkait dengan pelaksanaan ORI Difteri, pihak Puskesmas Kutorejo sudah menyiapkan tiga jenis vaksin yaitu DPT-HB-Hib, DT dan Td.

Imunisasi dalam rangka ORI Difteri ini minimal dilakukan tiga kali guna membentuk kekebalan tubuh dari bakteri corynebacterium diphteriae dan pelaksanaan ORI Difteri ini akan berlangsung selama tiga putaran dalam tahun 2018 yakni bulan Pebruari, Juli dan Nopember.

Pihak TNI dari Koramil 0815/13 Kutorejo bersama Polsek mendukung penuh pelaksanaan ORI Difteri, kami sudah perintahkan para Babinsa untuk berpartisipasi secara aktif dalam memobilisasi massa di sasaran ORI Difteri termasuk membantu dalam pelaksanaan imunisasi, pungkas Danramil. (Penrem 082/CPYJ).

Related For Kebersamaan TNI – Polri Di Kutorejo Dalam Pelaksanaan Imunisasi Difteri