Kebahagiaan Sunewa Si Pembuat Arang Pasca Rumahnya Berubah Wujud

 1 (1)

KEDIRI. Rumah yang berada disekitar hutan sengon, kini telah berubah total, usai selama lebih dari sepekan direnovasi anggota TNI bersama tetangga sekitarnya. Sunewa, warga RT 06 RW 03, Desa Blimbing, kini bisa tersenyum lebar, lantaran rumah warisan orang tuanya ini kondisinya jauh lebih dibaik dibanding sebelumnya. jumat (26/10/2018)

Aktifitas rutinnya sebagai pembuat arang dari kayu dihutan, menjadi penopang hidupnya, sekaligus menjadikan dapur rumah tangganya tetap mengeluarkan asap. Penjualan arang, cukup seputaran desa alias tidak sampai keluar daerah, meski demikian, ia tetap menjalankannya, karena itu satu-satunya sumber pendapatannya.

Tumpukan arang terlihat menumpuk diluar rumah Sunewa, sedangkan untuk membuatnya, pembakaran kayu dilakukan dilokasi pencarian kayu. Seharinya, ia mampu memproduksi arang hingga 4 hingga 6 kg, dan hari libur atau hari minggu sama sekali tidak dikenalnya.

Hal ini disebabkan, bila ia libur atau istirahat sehari saja, otomatis sehari itu juga ia sama sekali tidak mendapatkan uang sama sekali. Meskipun jarang libur, ia tetap meluangkan waktunya untuk istirahat di hari-hari tertentu, yang menurutnya, memang diperlukan untuk kestabilan fisiknya.

Lokasi keberadaan kayu dengan rumah Sunewa, bisa dikatakan cukup jauh, jaraknya sekitar 14 km, itupun yang 5 km harus ditempuh dengan jalan kaki, dikarenakan kendaraan jenis apapun tidak dapat melewatinya.

Rumahnya, menjadi pelanggan tetap genangan air tiap musim hujan, tetapi tidak saat ini, lantaran rumahnya sudah berubah wujud dan garansi bebas genangan air didalam rumah, dicetuskan Kepala Desa Blimbing, Djoeari.

Senada hal itu, Komandan SSK, Kapten Arm Bangun Budi Adi juga menjamin rumah Sunewa tidak bakalan dipenuhi genangan air saat hujan turun. Renovasi rumah Sunewa ini tidak lepas dari agenda TMMD yang memfokuskan renovasi RTLH dan tidak hanya Sunewa saja yang rumahnya dirombak, ada 49 KK lainnya yang juga ikut direnovasi di Desa Blimbing ini. (Penrem 082/CPYJ).

Related For Kebahagiaan Sunewa Si Pembuat Arang Pasca Rumahnya Berubah Wujud