Kasdim Lamongan Hadiri Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan Tentang Penempatan Tenaga Kerja Asing (TKA)

 1

Lamongan,-  Di Ruang Pertemuan Dinas Tenaga Kerja Kab. Lamongan Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 63 Lamongan Dandim 0812 Lamongan yang diwakili oleh mayor Inf Suko Edi Wunarko S,Sos (Kasdim Lamongan) memberikan Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan tentang penempatan Tenaga Kerja Asing (TKA)

Hadir dalam kegiatan Mayor Inf Suko Edi Winarko, S.Sos (Kasdim 0812/Lamongan), Drs.  Moh. Kamil, MM (Kepala Dinas Tenaga Kerja Kab. Lamongan), ‎‎M. Rois, SH, M.Hum (Kabid. Kajian Strategis dan Kewaspadaan Kesbangpol), ‎Ibu Mariantin, SE. MM (Kabid. Penta dan perluasan Kesempatan Kerja Dinas Tenaga Kerja Kab Lamongan), ‎Iptu ‎Ahmad Khusen, SH (Polres Lamongan).

Sambutan Drs. Moh. Kamil, MM (Kepala Dinas Tenaga Kerja Kab. Lamongan) Diharapkan perusahaan yang memiliki TKA intens berkoordinasi dengan Disnaker Kab. Lamongan kasus yang terbanyak karena permasalahan tenaga kerja Asing oleh karena itu kita memiliki Tim Pora yang mana bekerja melaksanakan pengawasan TKA dengan kegiatan ini Disnaker melaksankan sosialisasi supaya perusahaan yang memiliki TKA memahami betul kewajiban orang asing sesuai dengan perundang-undangan.

M. Rois, SH, M.Hum (Kabid. Kajian Strategis dan Kewaspadaan Kesbangpol Lamongan) dalam sambutannya menyampaikan Data di Kesbangpol Lamongan ada 127 orang asing tersebar di wilayah Lamongan baik sebagai tenaga kerja di perusahaan maupun bekerja di sebagai pengajar Kita semua adalah warga negara Indonesia sehingga alangkah malunya apabila kita tidak mencintai negara kita sendiri wawasan kebangsaan merupakan segala wujud cinta kita kepada negara dengan segala macam kebudayaan dan kepulauan sehingga kita berkewajiban untuk menjaganya. Dengan adanya TKA di wilayah Lamongan saya harapkan bisa membawa hal yang positif sehingga tidak menimbulkan keresahan di lingkungan. Dengan keadaan Negara yang aman dan damai sehingga kesejahteraan rakyat dapat diwujudkan adanya TKA dan orang asing sudah diatur dalam Permendagri No. 49.

Dalam SambutannyaMayor Inf Suko Edi Winarko S.Sos (Kasdim 0812 Lamongan)mengucapkan Permohonan maaf karena Bapak Dandim tidak bisa hadir dikarenakan ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan danMemaparkan tentang jumlah TKA di Indonesia. Pemberian Tenaga kerja asing yang berbentuk penanaman modal dalam negeri dilarang mempekerjakan TKA dengan jabatan Komisaris sehingga Persyaratan bagi TKA yang dapat di pekerjakan adalah sebagai berikut memiliki pendidikan yang sesuai dengan syarat jabatan yang akan diduduki oleh TKA.

Memiliki sertifikat kompetensi atau memiliki pengalaman kerja sesuai dengan jabatan yang akan diduduki paling kurang 5 tahun. Surat pernyataan dari TKA yang menyatakan bahwa ia wajib mengalihkan keahliannya kepada TKI pendamping yang dibuktikan dengan laporan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan. Memiliki NPWP bagi TKA yang sudah bekerja lebih dari 6 bulan. Memiliki bukti polis asuransi pada asuransi yang berbadan hukum Indonesia. Kepesertaan jaminan sosial Nasional bagi TKA yang bekerja lebih dari 6 bulan.”Terang Kasdim(Penrem 082/CPYJ).

Related For Kasdim Lamongan Hadiri Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan Tentang Penempatan Tenaga Kerja Asing (TKA)