Kasdim 0815 Mojokerto Bekali Wasbang Peserta Suskalak Linmas

1
MOJOKERTO.  Kasdim 0815 Mojokerto Mayor Inf Nuryakin, S.Sos., memberikan pembekalan materi wawasan kebangsaan bagi peserta Kursus Kader Pelaksana (Suskalak) “B” Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) Kabupaten Mojokerto yang digelar di Aula Gedung Soemardi Pacet Mini Park Jalan Raya Pacet Desa Warugunung Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto, Selasa (08/08/2017).
 
Kegiatan Suskalak B Satlinmas Kabupaten Mojokerto TA. 2017 dibuka oleh Ka Satpol PP Kabupaten Mojokerto H. Suharsono, S.Sos., M.Si, sehari sebelumnya, Senin (07/08) yang dihadiri skurang lebih 100 orang, antara lain Kabid Linmas Satpol PP Provinsi Jatim, Kabid Linmas Satpol PP Kabupaten Mojokerto Drs. M. Karel, MM., Forpimka Pacet, Instruktur dan Peserta Suskalak “B”.
    
Pembekalan materi Wawasan Kebangsaan oleh Kasdim 0815 Mojokerto Mayor Inf Nuryakin, S.Sos, dengan judul “Bela Negara Untuk Menjaga Keutuhan NKRI”, yang menjelaskan bahwa bela negara merupakan hak dan kewajiban seluruh Warga Negara Indonesia dan seluruh komponen masyarakat termasuk diantaranya Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas).  
 
Satlinmas merupakan unsur keamanan terdepan di tingkat desa yang memiliki tugas yang sangat penting dalam menjaga ketertiban dan keamanan wilayah. Peranserta Linmas sangat mendukung dalam menjaga keamanan dan ketertiban dengan melakukan deteksi dini dan lapor cepat apabila mengetahuai adanya permasalahan atau gangguan keamanan yang timbul di wilayah sehingga tidak menimbulkan keresahan masyarakat dan mengganggu stabilitas keamanan, jelas Kasdim.
 
Lanjut Kasdim, Waspadai adanya provokasi dan pengaruh yang dapat merusak kerukunan dan persatuan bangsa demi menjaga keutuhan NKRI, termasuk gerakan dan faham radikalisme, terorisme, ISIS dan persoalan bernuansa SARA serta gerakan kelompok tertentu yang terus menerus berusaha merongrong dan merusak keutuhan dan kedaulatan Bangsa Indonesia.  Penyebaran faham radikal dan provokasi saat ini banyak beredar melalui media sosial, untuk itu bersikap bijaklah dalam penggunaan media sosial sehingga kita tidak mudah termakan isu atau informasi yang belum jelas kebenarannya yang sengaja dihembuskan untuk menimbulkan perpecahan bangsa.
 
Masih kata Kasdim, selain itu diperlukan kesadaran seluruh warga negara termasuk Linmas didalamnya untuk senantiasa membentengi diri dari pengaruh berbagai kelompok kepentingan termasuk pengaruh asing yang ingin melemahkan bahkan menguasai kekayaan alam Indonesia.
 
“Lakukan koordinasi, bangun kerjasama yang harmonis serta bermitralah dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas maupun aparat terkait lainnya dalam setiap pelaksanaan tugas di wilayah sehingga keamanan dan ketertiban selalu terjaga, Tegasnya.   (Penrem 082/CPYJ.)
tags:

Related For Kasdim 0815 Mojokerto Bekali Wasbang Peserta Suskalak Linmas