Kali Marmoyo Dibersihkan

1 (3)(2)

JOMBANG. Gerakan bersih-bersih sungai yang digalakkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Jombang tahun 2018 gayung bersambut. Kini dilakukan di kali Marmoyo, Minggu 11 nopember 2018.

Mengantisipasi terjadinya banjir pada musim hujan, personel Koramil 0814/09 Kudu Kodim 0814/Jombang bersama seluruh lapisan masyaraakat bergotong-royong membersihkan Sungai Marmoyo bersama dengan masyarakat Dusun Sidokaton, Desa  Tapen, Desa Randu watang, Desa Bakalan rayung, Desa Sumber teguh, Desa Kudubanjar kecamtan Kudu, Kab. Jombang, Minggu 11 nopember 2018.

Sungai Marmoyo yang selama ini terlihat kumuh karena banyak sampah dan ditumbuhi rerumputan kemarin tampak lebih bersih, pasalnya anggota TNI bersama masyakata melakukan bersih-bersih di sungai tersebut.

Berbekal alat seadanya, prajurit TNI dan warga mengambil sampah-sampah di sungai dan membabat rumput yang tumbuh di tepi sungai. Kesan kumuh dan kotor yang terpotret di sungai itu berubah menjadi lebih bersih.

Kapten Inf Hasan Bisri selaku Danramil 0814/09 Kudu mengatakan bahwa aksi gotong-royong di sungai tersebut sebagai wujud kepedulian kita terhadap kebersihan lingkungan khususnya Sungai Marmoyo.

“Sungai Marmoyo saat ini dalam kondisi menyempit karena tertutup oleh rumput dan sampah, sehingga apabila tidak dibersihkan akan berdampak terjadinya banjir. Selain itu juga bisa menimbulkan penyakit, seperti demam berdarah dan kolera, kegiatan ini akan di laksanakan secara bertahap tiap dua minggu sekali karena banyknya tumbuhan liar sepanjang sungai” ungkapnya. (Penrem 082/CPYJ).

 

 

 

Related For Kali Marmoyo Dibersihkan