Jelang Idul Fitri, Kodim Kediri Bagikan 7,25 ton Zakat Fitrah

 2

KEDIRI. Kewajiban untuk ber-Zakat Fitrah jelang Idul Fitri, dilakukan Kodim 0809/Kediri di saat bulan Ramadhan masih berlangsung. Dandim Kediri Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno bersama Kasdim Kediri Mayor Inf Joni Morwantoto, serta para perwira staf secara sombolis menyerahkan Zakat Fitrah kepada ribuan warga yang sudah mengantri sejak pagi tadi, Selasa (12/06/2018) 

Ditempat yang sama, Pasi Log Kodim Kediri Kapten Cpl Aif Waluyo menjelaskan, ada 7,25 ton atau setara 7.200 kg beras Zakat Fitrah yang sudah disiapkan dan pembagian dibagikan dengan 2 kategori, umum dan khusus.

Untuk kategori umum, kupon pengambilan Zakat Fitrah dibagikan ke 18 desa dan kelurahan  yang ada di Kecamatan Kota, Pesantren dan Ngasem. Sedangkan kategori khusus yang dimaksud ialah pengurus Masjid, Mushola ,Pondok Pesantren dan Panti Asuhan, tercatat ada 31 kupon pengambilan Zakat Fitrah. 

“Khusus pembagian melalui kupon atau kategori umum, kita siapkan 1.140 Zakat Fitrah dan setiap 1 Zakat Fitrah berisi 5 kg beras, kalau dikalkulasi mencapai 5,7 ton atau 5.700 kg. Penyebaran kupon kita lewatkan melalui 18 Babinsa di desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Kota, Pesantren dan Ngasem. Tiap desa dan kelurahan, tidak sama jumlah kupon yang disebar,” jelasnya. 

Berbeda dengan kategori khusus, setiap Zakat Fitrah, berisi 50 kg beras dan dibagikan kepada pengurus Masjid, Mushola ,Pondok Pesantren dan Panti Asuhan yang ada di Kota dan Kabupaten Kediri. 

Sementara itu, Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno dalam sambutannya, sangat berterima kasih atas kehadiran warga yang sudah mengantri sejak pagi. Ia juga berharap, Zakat Fitrah yang dibagikan ini bisa bermanfaat bagi si penerima. 

“Untuk tahun ini, kita ada peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Mudah-mudahan, tahun depan juga akan meningkat lagi. Kalau sekarang ada 7 ton yang kita bagikan, tahun depan harus diupayakan mencapai 8 ton. Ini bukan target, hanya sekedar masukan,” katanya. 

Terkait Zakat Fitrah yang dibagikan, ia juga menghimbau bagi para penerima untuk bersabar dan disiplin saat antri. Ia juga menjamin semua penerima akan mendapatkan Zakat Fitrah sesuai dengan kupon yang dipegangnya. (Penrem 082/CPYJ ).

Related For Jelang Idul Fitri, Kodim Kediri Bagikan 7,25 ton Zakat Fitrah