Jaranan Putro Baroto Menggoyang Lapangan Desa Mlati

1 (3)(4)KEDIRI. Seni khas Jawa, menjadi hiburan tersendiri dalam opening TMMD 103 yang berlangsung di lapangan Desa Mlati. Kesenian yang dibawakan siswa siswi tingkat SLTP dan SLTA sederajat ini, menjadi daya tarik masyarakat yang kebetulan ada disekitar lokasi tersebut. Tidak hanya masyarakat, Muspida Kediri turut hanyut dalam gerakan tari yang dikemas jaranan kreasi jawa ini. senin (15/10/2018)

Tepuk tangan menyambut kehadiran group jaranan ini dan senyuman terlihat dari wajah-wajah penonton. Jaranan tidak bisa lepas dari seni tradisional yang sudah turun temurun, walaupun berbeda kemasan dari masa ke masa, jaranan tetaplah jaranan.

Di Kediri, kesenian yang satu ini kerap sekali menghiasi berbagai acara, entah itu bersih desa atau hajatan warga. Tetapi yang jelas, kesenian ini memiliki ciri khas yang membedakan dengan kesenian lainnya, dari musik hingga perlengkapan yang dikenakan.

Ajang lombapun menjadi favorit untuk unjuk gigi dan group jaranan Putro Baroto berhasil meraih predikat dalam lomba karya ilmiah remaja bidang seni budaya se-Kabupaten Kediri. Dibawah kepemimpinan sosok Galang, Putro baroto menjadi group jaranan yang patut diperhitungkan dalam dunia seni tradisional di Kediri.

Salah satu warga asal Desa Mlati, Sugeng, sangat tertarik akan keberadaan hiburan tersebut di lapangan Desa Mlati, dan ia bersama anaknya sudah sedari pagi menunggu kepastian kemunculan group jaranan yang bercokol di Desa Mlati ini. Menurutnya, sudah menjadi hal umum bagi warga yang berdomisili di Kecamatan Mojo ini menyukai kesenian tersebut.

Sugeng ternyata tidak sendirian, banyak warga yang juga ingin menyaksikan hiburan tersebut dan sama dengan Sugeng, duduk disekitar lapangan Mlati, sambil menunggu musik yang akrab ditelinga mereka.

Pemain jaranan, mayoritas masih pelajar dan bisa diandalkan menjadi generasi penerus kesenian yang satu ini. Budaya tidak bisa dipungkiri, menjadi aset tak ternilai harganya dan harus tetap dilestarikan. Bukan mustahil, kesenian jaranan bakal menjelajah lintas benua untuk ditunjukkan kepada dunia. (Penrem 082/CPYJ).

Related For Jaranan Putro Baroto Menggoyang Lapangan Desa Mlati