Jalan Sehat Stop Rokok Ilegal Ramaikan Pagi Hari Di Kediri

3(1)

Kediri. Walikota Kediri Abdullah Abubakar, Kapolresta Kediri AKBP Anton Haryadi, Kasdim Kediri Mayor Inf Joni Morwantoto dan Kepala Kantor Bea Cukai Kediri Suryana serta ribuan warga Kediri, mengikuti jalan sehat dalam rangka gerakan stop rokok ilegal. Jalan sehat tersebut diawali atau start di halaman balai Kota Kediri dan berakhir atau finish di tempat yang sama. Minggu (25/11/2018)

Menurut Suryana, ciri-ciri rokok illegal ialah rokok tidak dilengkapi tanda pita cukai, tanda pita cukai palsu atau menggunakan tanda pita cukai bekas, kandungan rokok tidak tertera atau tercantum pada bungkus rokok dan produksi rokok disinyalir tanpa ijin.

Selain itu, Suryana menjelaskan bahwa penjualan atau peredaran rokok ilegal akan mengganggu kinerja pasar hasil tembakau dan merugikan keuangan negara dikarenakan rokok tidak dilengkapi cukai.

Walikota Kediri bersama Kepala Kantor Bea Cukai Kediri, Kapolresta Kediri dan Kasdim Kediri, mengibarkan bendera dan berbagai hadiah menarik disediakan oleh pihak penyelenggara, dari sepeda motor hingga hadiah hiburan. Hadiah didapatkan peserta jalan sehat lewat pencocokan nomor yang tertera pada kupon undian.

Abdullah Abubakar pada sambutannya mengatakan, penjualan atau peredaran berbagai jenis rokok tanpa tanda pita cukai, sangat merugikan negara, khususnya dari sisi pendapatan. Berbagai jenis rokok tanpa ada pita cukai, dikatakannya adalah illegal dan hal itu melanggar hukum.

Ia menambahkan, hasil dari pemasukan negara bersumber cukai rokok, sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena hasilnya dikembalikan lagi kepada masyarakat berupa pembangunan. Pembangunan bersumber pendapatan dari cukai, bisa diwujudkan pembangunan fasilitas maupun sarana dan prasarana publik.

Abdullah Abubakar mengajak seluruh warga Kediri untuk bersama-sama memerangi penjualan atau peredaran rokok illegal di Kediri. Jalan sehat ini, salah satu upaya memerangi rokok ilegal dengan pendekatan yang mengarah pada kegiatan positif. (Penrem 082/CPYJ).

 

 

 

Related For Jalan Sehat Stop Rokok Ilegal Ramaikan Pagi Hari Di Kediri