Ini Keterangan Resmi Dandim Kediri Terkait TMMD 103

1 (2)

KEDIRI. TMMD 103 bakal berlangsung 25 September hingga 24 Oktober 2018 di Desa Blimbing, Jugo dan Keraton, ketiganya berada di Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Secara geografis, lokasi keberadaan TMMD berada di kawasan lereng Gunung Wilis. (30/08/2018)

Dandim Kediri, Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno dalam keterangan resmi penyelenggaraan TMMD ini menjelaskan, sesuai rencana TMMD akan dibuka pada tanggal 25 September 2018 dan diadakan di lapangan Desa Keraton, Kecamatan Mojo.

“Kita sudah survey lokasi berulang-ulang, hasilnya lokasi paling ideal utuk pembukaan TMMD ada di Desa Keraton. Desa ini dekat dengan Desa Blimbing dan Jugo, karena ada diperbatasan kedua desa tersebut,” jelasnya.

Diwaktu yang hampir bersamaan ada 2 agenda TMMD yang diselenggarakan, yaitu pelayanan kesehatan gratis dan pelayanan KB serta penyediaan alat kontrasepsi. Walaupun berada di areal yang sama, lokasi kegiatan berbasis bakti sosial ini terpisah satu sama lain.

“Ada 2 agenda TMMD yang kita adakan usai pembukaan dilaksanakan. Bakti sosial ini kita khususkan bagi 3 warga, yait warga Desa Keraton, Blimbing dan Jugo, ketiganya sudah dipastikan akan kita undang,” sambungnya.

Sementara itu, agenda TMMD lainnya di sektor fisik, pembangunan jalan berada di Desa Blimbing, Kecamatan Mojo, dengan panjang 1,7 km. Sedangkan sektor fisik lainnya berupa renovasi RTLH (Rumah Tidak layak Huni), dialokasikan di dua desa, yaitu Desa Blimbing dan Jugo.

“Pembangunan jalan menjadi proritas kita, karena jalan ini sangat vital bagi kehidupan sehari-hari warga Desa Blimbing. Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kediri sudah melakukan pengukuran, kelebaran, panjang dan ketebalan jalan,” ungkapnya.

Disamping itu, pada pelaksanaan TMMD ini, juga akan diadakan kegiatan sektor non fisik, yaitu wawasan kebangsaan, sosialisasi kesadaran hukum, penyebaran informasi dan komunikasi, serta bimbingan teknis disverifikasi makanan olahan durian, keempatnya dilaksanakan di balai Desa Blimbing.

“Nantinya, ada kegiatan-kegiatan non fisik pada TMMD ini. Semua kita libatkan, dari Pemerintah Desa, Kecamatan hingga Pemerintah Daerah Kabupaten Kediri. Kita juga mengundang pemateri yang berkompeten dibidangnya,” pungkasnya.

Selain itu, sektor non fisik lainnya berupa penyuluhan sekaligus pelatihan, terdiri dari pelatihan pertanian terpadu, pemberdayaan usaha tani kakao, pemberdayaan usaha tani cengkeh, penerapan olah hasil perkebunan dan pembuatan screen house tanaman anggrek, kelimanya dilaksanakan di 2 lokasi yang berbeda, untuk teori dilakukan di balai Desa Blimbing dan praktek di Desa Jugo, keduanya tidak terlalu jauh ,karena lokasinya berada di perbatasan desa.

Saat berlangsungnya TMMD ini, Kodim 0809/Kediri menggandeng Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri, Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, serta Dinas Telekomunikasi dan Informatika Kabupaten Kediri. (Penrem 082/CPYJ).

 

Related For Ini Keterangan Resmi Dandim Kediri Terkait TMMD 103