Eks TNI AD Pelaku Pemalakan Tertangkap, Ini Kata Dandim 0815

Eks TNI AD (3)

MOJOKERTO.  Dandim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, SH menanggapi serius beredarnya aksi pemalakan yang dilakukan Oknum Berseragam TNI. Aksi pemalakan tersebut terjadi di wilayah Kabupaten Mojokerto, tepatnya di Jalan Raya Mojosari – Prambon Desa Ngimbangan Desa Nambangan, depan Guest House PT. Pakerin, Kamis (28/06/2018).

Dalam aksinya, pelaku mengenakan Seragam PDL Loreng TNI AD (Loreng Malvinas) di papan nama tertera nama Selamet pangkat Serka Kesatuan Yon Arhanudse-8 Sidoarjo. Pelaku yang mengendarai Toyota Avanza warna silver Nopol  S 1850 NG berhasil memalak salah satu supir truk yang melintas di jalan raya Mojosari – Prambon, senilai 100.000,- dengan alasan untuk “keamanan”.

Nahas bagi pelaku, aksinya tersebut diketahui anggota Koramil 0815/11 Pungging Kodim 0815 Mojokerto Sertu Adi Kusuma Wardhana dan Anggota Polsek Mojosari Brigadir Irfan yang selanjutnya melakukan pengejaran terhadap pelaku hingga Desa Cangkring Turi Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo.

Saat itu mobil pelaku langsung dipotong lajunya kemudian Sertu Adi Kusuma Wardana dan Brigadir Irfan membawa pelaku ke Kantor Koramil 0816/13 Prambon selanjutnya menyerahkan pelaku ke Polsek Prambon beserta satu buah mobil Toyota Avanza warna silver Nopol 1850 NG.

Saat dikonfirmasi, Dandim 0815  mengungkapkan dirinya sudah berkoordinasi dengan Kapolres Mojokerto untuk menangani permasalahan tersebut.  “Kita sudah koordinasi dengan Kapolres dan ini sesuai perintah Komandan Korem 082/CPYJ Kolonel Arm Budi Suwanto, S.Sos”, tegasnya.

Dandim juga mengatakan bahwa pelaku pemalakan sudah ditangkap oleh Tim Gabungan dari Kodim 0815 dan Polres Mojokerto, dan saat ini dalam penyidikan Polres.  “Pelaku atas nama Herry Pahlawan,  Eks TNI AD, alamat asal Jombang dan berdomisili di Lingkungan Kedung Turi Kelurahan Gunung Gedangan Kota Mojokerto”, imbuhnya.

Masih lanjut Dandim, aksi pemalakan yang selama ini terjadi di wilayah Mojokerto yang cukup meresahkan para sopir dan masyarakat Mojokerto terjadi dibeberapa titik diduga dilakukan pelaku.

Dandim 0815 akan memberikan penghargaan kepada Sertu Adi Kusuma Wardana anggota Koramil 0815/11 Pungging yang berhasil menangkap desertir TNI pelaku pemalakandengan harapan anggota Kodim 0815 lainnya dapat bersikap seperti yang dilakukan oleh Sertu Adi Kusuma Wardana terhadap hal yang dapat merugikan nama baik TNI khususnya dan masyarakat pada umumnya. (Penrem 082/CPYJ).

Related For Eks TNI AD Pelaku Pemalakan Tertangkap, Ini Kata Dandim 0815