Dusun Grobogan Menggelar Tasyakuran Peringati HUT Kemerdekaan RI

4Jombang. Berbagai cara masyarakat menggelar perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di penjuru Nusantara. Tak terkecuali warga Dusun Grobogan, Desa Karangpakis, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jatim.

Sebelum pelaksanaan upacara atau sebelum tanggal 17 Agustus dalam peringatan HUT kemerdekaan RI  yang ke 73 tahun ini. Warga Dusun Grobogan, Desa Karangpakis, menggelar tasyakuran pada Kamis (16/8/2018) malam.  Acara seperti ini, rutin digelar setiap malam tanggal 17 Agustus.

Ratusan warga Dusun Grobogan, menggelar tasyakuran  HUT Kemerdekaan RI ke 73. Usai menjalankan ibadah shalat Isya. ratusan orang  warga Dusun Grobogan, pria wanita, besar dan kecil tumplek blek di jalan dusun setempat.

Serka Rahman selaku Babinsa Koramil 0814/07 Kabuh mengatakan, Ya, kita menggelar tumpengan bersama, dengan guyub rukun tak ada sekat dari golongan manapun. Sebelum makan tumpeng bersama (kenduri). Ratusan warga dengan khitmad mendengarkan ceramah dari tokoh agama terkait para pejuang yang berhasil memerdekakan Republik Indonesia.

Kemerdekaan ini, tidak dengan serta merta kita peroleh. Namun, kemerdekaan ini atas perjuangan para pahlawan yang dengan rela mengorbankan nyawanya demi kemerdekaan, “ujar Serka Rahman, dalam sambutannya.

Karena itu, Babinsa meminta agar kemerdekaan ini diisi dengan penuh kebaikan. “NKRI harga mati, jangan kita pecah belah hanya untuk kepentingan pribadi ataupun untuk kepentingan golongan saja. Persatuan dan kesatuan harus kita jaga pula, agar tidak terjadi perpecahan, “ tandasnya.

Sementara itu, usai menggelar tumpengan, acara diteruskan dengan melekan di lokasi yang sama.. “Alhamdulilah, acara rutin yang kami gelar setiap malam tanggal 17 Agustus,  kali ini juga berjalan lancar dan sukses, “ujar Kepala Dusun Grobogan, Kartiyo usai tumpengan. (Penrem 082 / CPYJ ).

Related For Dusun Grobogan Menggelar Tasyakuran Peringati HUT Kemerdekaan RI