Dukung Pelestarian Budaya, Danramil 0815/02 Trowulan Hadiri Resepsi HUT Yayasan Among Tani Mojopahit

 5

MOJOKERTO.  Danramil 0815/02 Trowulan Kodim 0815 Mojokerto Kapten Inf Herman Hidayat menghadiri Resepsi HUT Ke-17 Yayasan Among Tani Mojopahit, yang berlangsung di kediaman Ibu Kanjeng Roro Lis, Dusun Unggahan Desa Trowulan Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto, Jum’at  (26/01/2018) malam.                     

Hadir dalam acara tersebut sekitar 90 orang terdiri dari Ketua Umum sekaligus Pendiri Yayasan Among Tani Mojopahit Kanjeng Pangeran Aryo Kusumaning Bangsa (KPAKB) Soeharto Soerjodiningrat, Staf Disporabudpar Kabupaten Mojokerto Sadiasku Elonia, Tokoh Masyarakat H. Abdul Muchid, SH., Tokoh Agama, Perangkat Desa, Anggota Yayasan Among Tani Mojopahit, Paguyuban Wijoyokusumo Mojokerto, Paguyuban Among Budoyo Trowulan, Paguyuban Tlatah Mojopahit Mojosari, Paguyuban Masyarakat Adat Nusantara (Matra) Madura dan undangan.

Acara diawali dengan pementasan Tari Gatot Koco Gandrung, dilanjutkan Kidung Macopat oleh Ki Jumali.  Dalam sambutannya Ketua Umum sekaligus Pendiri Yayasan Among Tani Mojopahit Kanjeng Pangeran Aryo Kusumaning Bangsa (KPAKB) Soeharto Soerjodiningrat, menyampaikan tujuan utama didirikannya Yayasan Among Tani ini sebagai wadah bagi masyarakat yang peduli dalam pelestarian budaya nusantara. Ketua Umum juga mengajak segenap masyarakat untuk melestarikan Budaya Jawa Mojopahit, jangan sampai kalah dengan budaya asing. Paguyuban Among Tani Mojopahit harus guyub dan rukun, ucapnya.

Dari Staf Disporabudpar Kabupaten Mojokerto, Sadiasku Elonia, menyampaikan ucapan selamat ulang tahun Yayasan Among Tani Mojopahit dan semoga tetap melestarikan budaya macopat. 

Berikutnya, Danramil 0815/02 Trowulan Kapten Inf Herman Hidayat, menyampaikan ucapan terima kasih atas undangan Yayasan Among Tani Mojopahit yang hingga kini konsisten dalam pelestarian budaya Macopat.  Budaya Nusantara ini memiliki nilai-nilai budi pekerti luhur yang harus terus dilestarikan. Keberagaman budaya nusantara tentunya akan menumbuhkan semangat kebersamaan guna mempererat persatuan dan kesatuan.

Danramil juga sangat mengapresiasi para pengurus dan anggota Yayasan Among Tani Mojopahit, walaupun secara usia sudah tergolong lanjut namun masih memiliki semangat yang sangat tinggi untuk melestarikan budaya warisan leluhur, salahsatunya budaya Macopat yang ada di Trowulan. “Selamat ulang tahun, semoga Yayasan Among Tani Mojopahit tetap semangat dalam melestarikan budaya bangsa Indonesia untuk diwariskan kepada generasi penerus bangsa”, pungkas Danramil.

Acara berikutnya pemotongan tumpeng dan ramah tamah, dilanjutkan Macopat hingga Sabtu dini hari (27/01/2018). (Penrem 082/CPYJ).

Related For Dukung Pelestarian Budaya, Danramil 0815/02 Trowulan Hadiri Resepsi HUT Yayasan Among Tani Mojopahit