Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI Bersama Waaster KASAD Tinjau Lokasi Panen Padi Di Wilayah Kodim 0812 Lamongan

  1 (2)(1)

 LAMONGAN-, Wilayah Kodim 0812 Lamongan kembali menjadi sasaran peninjauan Kementan RI. Kali ini Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI DR. Ir. Sumardjo Gatot Irianto (Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI) dan Brigjen TNI Gathut Setyo Utomo, S.lp (Waaster KASAD), dengan di dampingi Dandim 0812 Lamongan Letkol Arh Sukma Yudha Wibawa beserta Forkopimda kab lamongan dalam meninjau lokasi panen Raya Jagung di wilayah Kab. Lamongan yang bertempat di Ds. Bulu Brangsi Kec. Laren Kab. Lamongan, dengan penanggung jawab Bpk. Rujito (Plt. Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kab. Lamongan) yang dihadiri sekitar 250 orang.Sabtu (10/11/18)

Hadir dalam kegiatan ini”Bpk. Sumardjo Gatot Irianto (Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI).Viva Yoga Mauladi M Si (Wakil Ketua Komisi IV DPR RI).Brigjen TNI Gathut Setyo Utomo, S.lp(Waaster KASAD).Kolonel Arm Budi Suswanto S. Sos (Danrem 082/CPYJ). H. Fadeli, SH., MM. (Bupati Lamongan).Letkol Inf Budi Yuwono (Kasiter Korem 082/CPYJ).Letkol Arh Sukma Yudha Wibawa (Dandim 0812 Lamongan).Dr. Yuhronur Efendi, SE. MM (Sekda Kab. Lamongan).Pa Staf dan Danramil Jajaran Kodim 0812/Lamongan.Kepala OPD Kab. Lamongan.Prof Kholil (Pembimbing Pertanian Jagung Kab. Lamongan).Sholahuddin (Ketua Asosiasi Petani Jagung Nasional).Camat Se Kab. Lamongan.Muspika Kec. Laren. Ka. UPT Pertanian Se Kab. Lamongan.Masyarakat Petani jagung Kec. Laren.

Setibanya di lokasi Bpk. Sumardjo Gatot Irianto (Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI) dan Brigjen TNI Gathut Setyo Utomo, S.Ip (Waaster KASAD) dengan di dampingi Dandim 0812 Lamongan Letkol Arh Sukma Yudha Wibawa beserta Forkopimda kab Lamongan melaksanakan Panen Raya Jagung Secara Simbolis.

H. Fadeli, SH., MM. (Bupati Lamongan) menyampaikan dalam Panen Raya Jagung yang tersebar di Kab. Lamongan diperkirakan sekitar 1.413 Hektare dan di Kec. Laren ini terdapat 7 hektar dalam produktifitasnya saat ini telah mencapai 9 ton/hektare.

Meningkatkan produksi perlu adanya penjualan dengan hasil produk olahan jagung dengan penjualan melalui bumdes yang ada didesa,” Jadi peningkatan produksi jagung agar tidak impor perlu dukungan dari dirjen tanaman pangan dengan bibit unggul apabila bibit unggul tersebut mendapat hasil 13 ton/hektare tentunya peningkatan tersebut akan meningkatkan kesejahteraan petani.

Brigjen TNI Gathut Setyo Utomo, S.Ip (Waaster KASAD) juga menyampaikan “,Ketahanan pangan ini merupakan program Pemerintah, sehingga melibatkan TNI-Polri,”tujuanya agar program Pemerintah dapat tercapai dengan baik.

Sementara itu,”Dari Dirjen tanaman pangan akan memberikan bantuan 5 alat pengering agar kwalitas jagung tetap baik dimusim penghujan ini. Viva Yoga Mauladi M Si (Wakil Ketua Komisi IV DPR RI) menambahkan”Kab. Lamongan ini bisa panen sepanjang musim dengan adanya bengawan solo tentu perlu adanya perhatian dan bantuan kepada petani.

Beredarnya informasi akan adanya impor jagung perlu adanya koordinasi dan akan kita rapatkan untuk menemukan permasalahan. Komisi IV dan Mentan bekerjasama dengan TNI-Polri agar kedepan akan dilibatkan kembali dalam kemanunggalan dan kedaulatan ketahanan pangan dapat mempercepat tercapainya program pemerintah.

Sementara itu Bpk. Sumardjo Gatot Irianto (Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI) menyampaikan”Di Kab.Lamongan ada sekitar 6800 ton dan akan kami bantu 5 alat pengering serta combain alat panen. Siapkan lokasi program burung hantu dan bibit unggul karna akan segera kami dukung, Penanaman tumpang sari perlu dilakukan dengan program percontohan.Pemerintah sudah berhasil impor jagung tetapi tetap jaga agar harga jagung stabil agar para peternak tidak dirugikan. Ungkapnya (Penrem 082/CPYJ ).

Related For Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI Bersama Waaster KASAD Tinjau Lokasi Panen Padi Di Wilayah Kodim 0812 Lamongan