Dinkes Bersama BKKBN Sukseskan Keluarga Sejahtera Melalui Pelayanan KB

1 (4)(4)KEDIRI. Upaya mensukseskan program Pemerintah, Dinas Kesehatan bersama BKKBN dan Kodim 0809/Kediri mengadakan pelayanan KB gratis di Desa Mlati. Pelayanan KB ini diikuti akseptor KB se-Kecamatan Mojo dengan pelayanan berjenis implant dan IUD. senin (15/10/2018)

Akseptor KB mengantri di ruang tunggu dan satu persatu mendapat panggilan pelayanan. Bilik-bilik memisahkan satu sama lain, dari pendaftaran, pengecekan kesehatan hingga pelayanan. Sebagaimana dijelaskan  dr.Nur Wulan Andardari dari DP2KBP3 Kediri yang sempat diwawancarai langsung seputar pentingnya program KB ini.

“KB ini sangat penting, kita harus mengukur kondisi ekonomi kita. Umpama ada satu keluarga dengan pendapatan hanya sebesar Rp 1 juta per bulan, tapi jumlah jiwa dalam satu keluarga ada banyak, tentu ini menjadi beban ekonomi dari keluarga itu,” jelas dr.Nur Wulan Andardari.

Satu keluarga, menurut dr.Nur Wulan Andardari, idealnya ada 4 jiwa, yang terdiri dari bapak, ibu dan 2 anak. Bila beban ekonomi dirinci, ada banyak item, dari biaya sekolah, biaya makan sehari-hari, biaya tagihan listrik atau air dan lainnya. Bila jumlah jiwa terlalu banyak dan tidak seimbang dengan pendapatan, bisa berakibat tidak adanya keseimbangan ekonomi dalam keluarga dan bisa berdampak.

“Dampak yang paling jelas bila jumlah jiwa tidak seimbang dengan pendapatan keluarga adalah bagaimana keluarga itu membiayai pendidikan anaknya, bagaimana keluarga itu bisa mencukupi kebutuhan dapur rumah tangganya,” sambungnya.

Selain keluarga sebagai sorotan, ia lantas menjelaskan konstelasi populasi penduduk yang tidak seimbang dengan serapan tenaga kerja. Serapan tenaga kerja, menurutnya harus seimbang dengan populasi penduduk dan apabila tidak tidak seimbang, justru berdampak bagi meningkatnya angka pengangguran akibat minimnya lapangan kerja.

Pelayanan KB ini merupakan bagian dari agenda non fisik dari TMMD 103 di Kediri dan program ini diharapkan mampu mengurangi dampak yang ditimbulkan akibat tingginya populasi penduduk. Disamping itu, kesuksesan program KB di Kediri sudah pasti menjadi target dari Dinas Kesehatan bersama BKKBN. (Penrem 082/CPYJ).

 

Related For Dinkes Bersama BKKBN Sukseskan Keluarga Sejahtera Melalui Pelayanan KB