Danramil Widang Hadir Dalam Rakor Pembahasan Dan Pengesahan Program Penyuluhan Pertanian

3
Tuban- Pada dasarnya penyuluh merupakan tenaga pendampingan bagi petani yang mempunyai peran pokok sebagai motivator, pembina/pembimbing, fasilitator serta advisor (penasehat). Penyuluh diharapkan mampu memberi motivasi, bimbingan dan bantuan kepada petani dalam memecahkan masalah yang dihadapi, sehingga petani ahli di bidang usaha pokoknya. Selain itu penyuluh mampu membangun kepemimpinan  petani, memperkuat kemampuan manajerial petani, membangun jiwa kewirausahaan petani, serta menumbuhkan dan memperkuat kelembagaan petani.
 
Salah satu tugas penyuluh yaitu menyusun program penyuluhan sebagai kegiatan rutin para penyuluh setiap tahun dengan petunjuk/pedoman penyusunan yang berbeda dalam kurun waktu tertentu sesuai tingkatnya desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan pusat. Maka dilakukanlah pertemuan pembahasan penyusunan program penyuluhan pertanian dan penyuluhan perikanan tahun 2017 di Balai Diklat Pertanian Kecamatan Widang, Kamis (16/11/2017).
 
Pertemuan ini sebagai bentuk langkah awal dalam penyusunan programa penyuluhan tingkat Kecamatan sebelum dilakukan Forum Musrenbang Kecamatan sebagai bahan penyusunan perencanaan pembangunan Kecamatan. Peserta yang hadir dalam pertemuan pembahasan programa masing-masing penyuluh pertanian di Kecamatan Widang,Ketua UPTD,Koramil Widang dan para Gapoktan se-Kecamatan Widang.
 
Berbagai permasalahan kendala yang dihadapi ditingkat Desa beranekaragam mulai dari teknik budidaya, pengedalian hama dan penyakit, teknologi pasca panen, pemasaran/agribisnis dan sebagainya. Sehingga potensi sumber daya pembangunan berupa data dan informasi baik kwalitatif dan kwantitatif di suatu wilayah pada saat programa disusun sangat penting.
 
Hal itu ditegaskan oleh Kepala PPL kecamatan Widang, Ir.Suharto, MM bahwa pentingan penyusunan programa penyuluhan sebagai langkah awal dan utama atas penyusunan kegiatan program mendatang. Bukan hanya pertanian, perikanan maupun kehutanan tetapi peternakan dan perkebunan juga penting dalam pembangunan daerah.
 
“Karena penyusunan programa penyuluhan merupakan rencana tertulis yang disusun secara sistematis untuk memberikan arah dan pedoman serta sebagai alat pengendali pencapaian tujuan penyuluhan. Oleh karena itu, penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan adalah suatu proses dinamis yang berhubungan dengan perubahan perilaku petani/nelayan kedepan yang lebih baik,”tandasnya.
   
Sementara itu, Danramil 0811/08 Widang Kapten Arh Sutomo yang juga sebagai narasumber berkesempatan menyampaikan kiat dan usaha yang diterapkan pemerintah yang menugaskan anggota TNI khususnya Babinsa diwilayah untuk ikut serta melakukan pendampingan kepada petani.
 
Pelibatan TNI dalam mensukseskan program pemerintah untuk swasembada pangan tentunya bukan tanpa alasan.Pengerahan Babinsa karena Kementerian Pertanian kekurangan tenaga pendamping bagi kelompok tani di Indonesia, oleh karena itu kekurangan tersebut ditutup oleh Babinsa,” terang Danramil Widang. (Penrem 082/CPYJ ).
 

Related For Danramil Widang Hadir Dalam Rakor Pembahasan Dan Pengesahan Program Penyuluhan Pertanian