Danramil 0815/19 Magersari Bersama Distan Gelar Pertemuan Rutin Dengan Kelompok Tani

1 (1) 6
MOJOKERTO.    Danramil 0815/19 Magersari Kodim 0815 Mojokerto Lettu Arh Suminto hadir dalam pertemuan rutin bersama Gapoktan se-Kota Mojokerto yang berlangsung di Rumah Ibu Wartini, anggota Poktan Barokah, Jalan Bancang Gang V Nomor 37 Kelurahan Wates Kecamatan Magersari Kota Mojokerto, Selasa (19/09/2017).
 
Hadir dalam kegiatan tersebut sekitar 60 orang, antara lain Para Pejabat dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Mojokerto yaitu Kabid Pertanian Ir. Khoirul Anam, M.Si., Kabid Perikanan dan Peternakan Drs. Supriyanto, Kordinator Jabatan Fungsional Ir. Anggarwati Utami.   Tampak pula Koordinator PPL dan PPL se-Kota Mojokerto, Ketua Gapoktan Kota Mojokerto Suhartono, Ketua Poktan se-Kota Mojokerto beserta anggota.
 
Kabid Pertanian Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Mojokerto Ir. Khoirul Anam, M.Si.,  diantaranya antisipasi kekeringan dengan memanfaatkan alat mesin pertanian mesin pompa, penyusunan RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok) untuk pengajuan pupuk bersubsidi. Disampaikan pula terkait Lahan Pertanian Produktif Berkelanjutan (LPPB) di wilayah Kota Mojokerto yang tidak boleh dialihfungsikan yaitu di wilayah Kelurahan Prajurit Kulon, Kelurahan Blooto dan Kelurahan Pulorejo.    
 
Sementara Danramil 0815/19 Magersari Lettu Arh Suminto menyampaikan, salah satu upaya untuk meningkatkan hasil panen pihak TNI dari Koramil Magersari melaksanakan pendampingan dan memanfaatkan alat mesin pertanian (Alsintan) bantuan Pemerintah secara maksimal sehingga biaya produksi dapat ditekan.  Untuk mengantisipasi terjadinya kekeringan pada lahan pertanian di Kota Mojokerto selain memanfaatkan mesin pompa, solusi lainnya dengan membuat embung atau tandon air, tambah Danramil.   
 
Berikutnya Kabid Perikanan dan Peternakan Drs. Supriyanto Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Mojokerto menyampaikan, pada bulan Oktober ini Pemerintah akan memberikan bantuan benih ikan rengkik sebanyak 500 ribu ekor dalam 3 tahap. Disampaikan pula pembudidayaan ikan ini dapat dilakukan di kolam, tidak harus di air yang mengalir.
 
Giliran Ketua Gapoktan Kecamatan Magersari Kota Mojokerto Suhartono, menyampaikan perlunya kerukunan dan kekompakan, pertemuan ini sebagai sarana bertukar informasi, saran dan pendapat termasuk masukan untuk tertib administrasi
 
Dari pihak SMK Taman Siswa Kota Mojokerto, Khoirul Arifin yang hadir dalam pertemuan tersebut menyampaikan, jika ada Alsintan merk Kubota yang rusak bisa diperbaiki di bengkel resmi Kubota yang tersebar di 4 Kabupaten/Kota yaitu  Mojokerto, Bojonegoro Tulungagung dan Ponorogo,  tenaga tenaga ahlinya Alumni dan Guru di SMK Taman Siswa.  Waktu perbaikan sebelum dan sesudah panen, jadi dalam satu semester gratis satu bulan, di luar jadwal rutin per semester tersebut dikenai tarif untuk servis rutin Rp 30 ribu sedangkan servis overhold maksimal Rp 150 ribu.  (Penrem 082/CPYJ )

Related For Danramil 0815/19 Magersari Bersama Distan Gelar Pertemuan Rutin Dengan Kelompok Tani