Danramil 0815/17 Bersama Forpimka Trawas Hadiri Ruwatan Sumber Petirtaan Jolotundo

1 (2) 1 (1) (1)
MOJOKERTO.    Danramil 0815/17 Kapten Arh Teguh PW, S.Sos bersama Forpimka Trawas menghadiri kegiatan Ruwatan Sumber Patirtan Jolotundo bertempat di Petirtaan Jolotundo Dusun Biting Desa Seloliman Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto, Kamis (28/09/2017).
 
Acara diawali dengan arak-arakan tumpeng dan gunungan diiringi bantengan mulai depan gapura Petirtaan Jolotundo sampai ke lokasi sumber air, ritual ngaweruhi, deklamasi pelestarian  sumber air, prosesi manunggaling tirto yaitu menyatukan air yang berasal dari 33 sumber air yang ada di empat penjuru Lereng Gunung Penanggungan.  
 
Kemudian ritual tari dan akustik, ritual penanaman pohon, ritual pelepasan burung, ikrar sesaji dan diakhiri dengan doa sebagai penutup acara untuk memohon keberkahan kepada Tuhan Yang Kuasa. Kegiatan Ritual Suro – Ruwat Sumber Patirtan Jolotundo, merupakan warisian leluhur dan sudah mentradisi di masyarakat Desa Seloliman, Trawas.  Tujuan dari acara ini diantaranya untuk menjaga kelestarian 33 sumber air yang ada di lereng Gunung Penanggungan, ucap Kades Seloliman, Rais dalam sambutannya.  
 
Sementara pihak Forpimka melalui Camat Trawas, M. Iwan Abdillah, SH, S.Sos., MM., menyampaikan, ruwat sumber patirtan Jolotundo dilaksanakan setiap tahun sekali tepatnya pada bulan Suro. Ini merupakan langkah konkret dalam melestarikan tradisi leluhur, semoga anak cucu kita dapat mewarisi dan menjaganya. Sumber Patirtan Jolotundo, salah satu pusaka leluhur yang diharapkan akan terus mengalir sepanjang masa.
 
Hadir dalam kegiatan sekitar 800 orang, antara lain Perwakilan Pejabat dari Pemprov Jatim, Kepala Dewan Kesenian Jatim, Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BCPB) Jatim di Trowulan, Kepala Disparporabud Kabupaten Mojokerto, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Kades se-Kecamatan Trawas, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta Masyarakat Desa Seloliman. (Penrem 082/CPYJ).

Related For Danramil 0815/17 Bersama Forpimka Trawas Hadiri Ruwatan Sumber Petirtaan Jolotundo