Danramil 0815/08 Dawarblandong Bekali Nilai-Nilai Bela Negara Bagi Satuan Linmas

A (12)
MOJOKERTO.     Dalam upaya memaksimalkan potensi Satuan Linmas di wilayah binaan, Danramil 0815/08 Dawarblandong Kodim 0815 Mojokerto Kapten Inf Khoiri memberikan pembekalan nilai-nilai bela negara pada kegiatan pemberdayaan Satuan Linmas Desa Pulorejo yang berlangsung di Balai Desa Pulorejo Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto, Jatim, Rabu (27/12/2017).
                  
Kegiatan pemberdayaan Satuan Linmas yang diselenggarakan Pemerintahan Desa Pulorejo meliputi materi keamanan, ketertiban dan pelatihan PBB yang diikuti 26 orang anggota Linmas dan dihadiri Unsur Forpimka Dawarblandong, Kasi Tramtib Kecamatan Dawarblandong Abdul Ghofur, SH., Kanit Humas Polsek Dawarblandong Aiptu Abu Bakar, SH., Kades Pulorejo Sururi, Bhabinkamtibmas Aipda Agus dan Babinsa Pulorejo Serda Rumadi.
 
Danramil 0815/08 Dawarblandong Kapten Inf Khoiri, menegaskan bela negara merupakan hak dan kewajiban seluruh warga negara Indonesia termasuk Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas), untuk itu Linmas harus benar-benar memahami fungsi dan perannya dalam menjaga keamanan lingkungan.
 
Danramil juga mengajak agar anggota Linmas, untuk mengingat dan memahami kembali tentang nilai-nilai bela negara seperti cinta tanah air,  sadar akan berbangsa dan bernegara, yakin kepada Pancasila sebagai ideologi negara, dan memiliki kemampuan awal bela negara.
 
Masih kata Danramil, banyaknya tindak kejahatan seperti maraknya peredaran Narkoba, perkelahian antar warga, tindak kejahatan lainnya dan lain-lain harus disikapi oleh Linmas dengan menggiatkan kembali Siskamling.  Harus diingat, Siskamling guna menjaga keamanan lingkungan, mencegah peredaran dan bahaya Narkoba, mencegah perkelahian antar warga atau kelompok merupakan bentuk dari sikap bela negara dalam kehidupan sehari-hari.      
 
Diakhir materinya, Danramil mengajak, Linmas untuk senantiasa membekali diri sehingga mampu memahami situasi dan kondisi desa serta dapat mendeteksi secara dini setiap kerawanan yang timbul di lingkungan, maka dari itu Linmas harus bekerjasama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang bertugas di Desa setempat.
 
Setelah materi Danramil, dilanjutkan pelatihan PBB (Peraturan Baris Berbaris) oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas bagi anggota Linmas, dengan materi antara lain gerakan di tempat, gerakan berjalan dan tata cara penghormatan.
Kades Pulorejo, Sururi, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Danramil, Kapolsek dan unsur Forpimka atau yang mewakili, yang telah hadir dan memberikan pencerahan dalam kegiatan pemberdayaan Satuan Linmas Desa Pulorejo. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan hingga Linmas memiliki kemampuan dan pengetahuan yang cukup tentang keamanan dan ketertiban termasuk cara mengatasi gangguan keamanan, ucapnya. (Penrem 082/CPYJ ).

Related For Danramil 0815/08 Dawarblandong Bekali Nilai-Nilai Bela Negara Bagi Satuan Linmas