DANRAMIL 0814/07 KABUH DUKUNG JOMBANG BERSEPEDA (JOMBERS)

Komunitas JomBers (JombangBersepeda) kembali menggelar aksi sosial yang dilangsungkan di SMKN Kabuh pada Sabtu – Minggu, 23-24 Mei 2015. Dalam camping pesepeda (bike camp) kali ini digelar acara meliputi, diskusi lingkungan, wawasan Anti narkoba, gowes gembira, berbagi sepeda dan tanam pohon. Kegiatan ini diikuti oleh 56 peserta meliputi, dari SDN Munung kerep, SDN Genengan Jasem, SMPN 1 Kabuh dan SMKN Kabuh, kegiatan dimulai dengan diskusi lingkungan dan wawasan Anti narkoba pada Sabtu (23/5) pk 19.00 WIB hingga pk 22.00 WIB.

Danramil KabuhMateri diskusi lingkungan disampaikan oleh Arief Robert, sekretaris Jombers dan nara sumber wawasan Anti narkoba adalah Sertu Rahman dari Koramil 0814/07 Kabuh. Jalaluddin Hambali, moderator diskusi mengenalkan gerakan peduli lingkungan yang dilakukan Komunitas JomBers. Terbentuk sejak tahun 2012, JomBers telah melakukan banyak kegiatan sosial mulai kemah hijau, tanam pohon, takjil gratis   hingga kampanye keselamatan bagi pesepeda. Cemping pesepeda (bike camping) kali ini merupakan yang ke empat  yang dimulai di Gunung Pucangan Kec Ngusikan pada 2012, di Bukit MakamTionghoa Kabuh pada 2013 dan 2014 serta di SDN Manduro 1 Kabuh pada Desember 2014. ‘’Mulai bike camp ke-3, selain diskusi, bersepeda dan tanam pohon, ditambah dengan aksi berbagi sepeda bagi pelajar yang membutuhkan,’’ papar Jalaluddin, Humas Jombers.

Saat sesi paparan Anti Narkoba, Sertu Rahman personil Babinsa dari Koramil 0814/07 Kabuh mengatakan pentingnya pelajar mengetahui bentuk-bentuk, peredaran dan dampak buruk pengonsumsi narkoba. Sebab,  pelajar merupakan sasaran empuk peredaran narkoba. ’’Korban terbesar Narkoba adalah pelajar dan pemuda. Generasi bangsa harus diselamatkan dari narkoba dengan aksi nyata. Salah satunya dengan penyuluhan dan kegiatan positif bersepeda seperti saat ini,’’ kata Rahman.Usai diskusi, disambung dengan nonton bareng (nobar) film Premium Rush yang berkisah dengan kurir surat di New York yang menggunakan sepeda sebagai alat transportasinya.

Pada hari kedua, Minggu (24/5) pukul 05.30, peserta bike camp Jombers 4 mengikuti Gowes Gembira. Rutenya keliling jalan Desa Munung kerep, Genengan Jasem dan sekitarnya. Sesampainya kembali di SMKN Kabuh, peserta mengikuti seremoni pembagian 15 sepeda hasil penggalangan donator JomBers. Sebanyak 15 sepeda dari berbagai jenis di bagikan secara simbolis kepada dua lembaga yakni, SDN Munung kerep 1 yang  diterima Kasek, Sukardi, dan kepada siswa SMKN diserahkan oleh Danramil Kabuh Kapten Inf Pujiono. Dalam sambutan penyerahan sepeda, Robert mengingatkan bahwa bantuan ini diberikan kepada sekolah untuk dikelola bagi siswa yang membutuhkan secara bergilir. “Bagi Jombers yang penting bukan sepedanya saja, melainkan bantuan ini kami harapkan dapat menumbuhkan kebiasaan bersepeda bagi pelajar dan mendorong kepedulian lingkungan bagi masyarakat umumnya,” kata Robert  sebelum menandatangai surat berita acara.

Komandan Koramil 0814/07 Kabuh Kapten Inf Pujiono berkomit untuk terus mendukung kegiatan Jombers di wilayahnya, dalam tiap aksi Jombers personil Koramil 0814/07 selalu antusias mendampingi untuk memperbaiki mental dan lingkungan di wilayah kec.Kabuh ( Alaska ) semoga kegiatan ini dapat memberikan contoh di daerah lain .Penghujung kegiatan dipungkasi dengan aksi tanam tiga ratusan bibit Mahoni, Palem dan Glodok yang merupakan donasi PT Cheil Jedang Ploso. Adapun kegiatan ini juga didukung penuh anggota klub sepeda ACC (Alaska Cycling Club), Semoc  (Sepedaan Mojo krapak), Cheil Jedang Adventure Club (CJAC) dan Korsela Ploso. Robert berharap kerjasama yang sudah berjalan selama ini sebelumnya antara Jombers dan Koramil Kabuh hendaknya dapat ditingkatkan kualitasnya. Apalagi Alaska Cycling Club (ACC) yang menjadi anggota Komunitas Jombers adalah klub yang juga dinaungi oleh Koramil 0814/07 Kabuh karena anggota dari ACC ada sebagian dari personil Koramil. Gayung bersambut, (Penrem 082/CPYJ).