Danramil 0811/18 Parengan Hadiri Sosialisasi Penegakan Hukum Dan Pengamanan Hutan

2-3

Tuban- Untuk meningkatkan pengetahuan di bidang hukum, Perum Perhutani KPH Parengan melaksanakan Sosialisasi Penegakan Hukum dan Pengamanan Hutan, berlangsung di Asper Parengan Selatan, Rabu (10/1/2018).

Sosialisasi dihadiri peserta ± 50 orang, terdiri dari Polter, Pol Hutan, segenap KRPH, Kaur, Asper, Kapolsek dan Danramil 0811/18 Parengan. Sebagai nara sumber, Pabin Polhut KPH ParenganKompol Hariyono, Kapolsek ParenganAkp Basir, Camat Parengan Joko Purnomo, Danramil 0811/18 Parengan Kapten Inf Agus Prayitno Dan Administratur KPH Parengan Badaruddin Amin.

Administratur KPH Parengan, Badaruddin Amin, dalam arahannya menyampaikan tentang ganguan keamanan hutan (Gukamhut) yang terjadi di KPH Parengan agar dalam penanganannya supaya lebih ditingkatkan dengan bekerjasama dengan jajaran Muspika. “Kepada Kapolsek, Danramil dan jajaran Muspika mari kita sama-sama untuk melakukan penanganan gangguan keamanan hutan,” tegasnya.

Kepala Biro Perlindungan SDH Perum Perhutani Dipre II Jawa Timur  yg di wakili dalam arahannya menyampaikan bahwa gangguan keamanan hutan ada 4 poin  diantaranya Ilegal loging (Kayu), Illegal Planting (tanaman), llegal Maining (Penambangan) dan Ilegal Okupasi (kepemilikan).

“Gangguan Keamanan Hutan dapat diselesaiakan melalui komunikasi sosial secara dua arah sehingga tercipta harmonisasi antara Perhutani dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan,” terangnya.

Kapolsek Parengan AKP Basir menyampikan bahwa kita sebagai penegak hukum harus mempunyai itikad yang baik dan  jujur, dengan banyaknya regulasi yang bersifat  melemahkan supremasi hukum. “Kaitannya dengan proses acara dalam Pidana Hutan, kita harus jelas dulu Legalitas status dan Batas kawasan Hutan,” ujarnya.

Danramil 0811/18 Parengan, Kapten Inf Agus Prayitno mengaku pihaknya sangat mendukung diselenggarakannya sosialisasi ini, agar masyarakat mengerti akan Hukum terkait dengan gangguan keamanan di hutan.

“Sosialisasi ini penting untuk mengedukasi warga, sehingga warga mengerti dan paham akan hukum dan peraturan tentang kawasan hutan, sehingga kasus kejahatan yang terjadi di hutan dapat diminimalisir,” pungkasnya. (Penrem 082/CPYJ).

Related For Danramil 0811/18 Parengan Hadiri Sosialisasi Penegakan Hukum Dan Pengamanan Hutan