Danramil 0809-Gurah Sosialisasikan Patroli Keamanan Lingkungan Di Bulan Ramadhan

3

KEDIRI. Upaya menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan, Danramil Gurah Kapten Inf Wiwid Yani Wahyudi beserta anggota Koramil 0809/12 Gurah, melakukan patroli keliling di Desa Kerkep Kecamatan Gurah, sekaligus mensosialisasikan keamanan lingkungan kepada warga setempat, Jumat (25/05/2018).

“Kita tidak hanya melakukan patroli keamanan saja, tetapi kita juga mensosialisasikan 3P, yaitu peduli, prakarsai dan pelihara. Peduli dalam artian peduli terhadap keamanan dan ketertiban lingkungan masing-masing, prakarsai dalam artian ada orang yang berinisiatif untuk mengaktifkan poskamling dilingkungannya, entah itu Ketua RT atau RW maupun Kepala Desa,” ujar Kapten Inf Wiwid Yani Wahyudi.

Mengenai pelihara dalam 3 P, ia menjelaskan pentingnya memelihara keberadaan poskamling dilingkungan masing-masing, baik itu dibersihkan atau dirawat baik-baik maupun menjaga agar poskamling tidak beralih fungsi. Sebagaimana umumnya, poskamling identik beralih fungsi menjadi tempat cukur rambut.

“Sosialisasi ini sesuai rencana, akan kita lakukan secara bergilir tiap hari selama bulan Ramadhan kepada warga ,khususnya kepada Ketua RT, RW dan Kepala Desa. Target kita, sebelum bulan Ramadhan usai, seluruh desa yang ada di Kecamatan Gurah sudah kita sosialisasikan,” pungkasnya.

Senada dengan hal itu, Kepala Desa Kerkep Bondan Wijosangko juga merespon terkait diaktifkannya poskamling didesanya, apalagi baru-baru ini di Surabaya terjadi peristiwa yang mengakibatkan korban jiwa. Pihaknya sendiri juga sudah melakukan pendataan, terutama bagi warga yang berstatus warga baru dan kurang dikenal warga sekitar, baik latarbelakang maupun aktifitas sehari-harinya.

“Wajib lapor bagi warga yang masuk ke desa kami, sudah diberlakukan lebih dari sepekan yang lalu dan hingga saat ini masih kita berlakukan. Untuk pengamanan di lingkungan, kita serahkan sepenuhnya kepada Ketua RT untuk mengaturnya. Yang jelas ,kita menginginkan setiap hari ada orang di poskamling,” katanya.

Tercatat ada 4 poskamling yang ada di Desa Kerkep, 3 diantaranya sudah diaktifkan dan secara rutin tiap hari ada warga yang berada di poskamling. Sedangkan 1 poskamling lainnya dalam kondisi rusak berat dan kurang layak. (Penrem 082/CPYJ).

 

Related For Danramil 0809-Gurah Sosialisasikan Patroli Keamanan Lingkungan Di Bulan Ramadhan