Dandim Bojonegoro Hadiri Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Bagi ASN

 3

 BOJONEGORO, –    Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (22/12) siang, menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2018 dilingkup Pemkab Bojonegoro Jawa Timur, di Hotel Dewarna.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati Bojonegoro DR Hj. Anna Mu’awanah tersebut hadir diantaranya Dandim 0813 Letkol Arh Redinal Dewanto, S. Sos., M.I.Pol., Kapolres AKBP Ary Fadli, Ketua Bawaslu Bojonegoro Moch. Zaenuri, para Danramil, Kapolsek dan Camat se- Kabupaten Bojonegoro, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah menyampaikan bahwa pemilu merupakan proses yang cukup rumit, dikarenakan perlu kesiapan demokrasi dan kedewasaan pemilih serta kompetitor antara pelaku pemilu baik dinternal partai maupun antar partai satu dengan partai yang lain.

“Dalam Pemilu 2019, baik Pileg dan Pilpres membutuhkan pengawasan dari Bawaslu Kabupaten Bojonegoro. Sebab, Bawaslu itu bertindak sebagai wasit atau penengah antar kompetitor dalam memperebutkan kursi dewan itu,” ujarnya.

Selain itu juga, Aparatur Sipil Negara (ASN) dituntut untuk senantiasa netral dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tersebut.

“Mengapa ASN harus netral, hal ini dikarenakan wajib bagi ASN. ASN itu mempunyai kewenangan dan kekuasaan administrasi, anggaran dan lainnya. Jika tak netral dikhawatirkan mereka bisa menyalahgunakan kepentingan kelompok tertentu dan dilakukan untuk memobilisasi kekuatan tertentu,” tambahnya.

Hadir dalam kesempatan yang sama,  Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arh Redinal Dewanto, S. Sos., M.I.Pol., mengatakan bahwa pelaksanaan Pemilu bertujuan untuk menjamin stabilitas yang kondusif, peralihan pimpinan, agar berjalan dengan lancar dan aman.

“Selain itu, Pemilu dilakukan bertujuan memilih kader terbaik untuk menjadi pemimpin. Dan netralitas TNI sudah jelas, yang sudah diamanatkan dalam undang-undang pemilu. Sehingga, kita membantu dan mengajak untuk mensukseskan pelaksanaan pemilu,” tandasnya. (Penrem 082/CPYJ).

Related For Dandim Bojonegoro Hadiri Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Bagi ASN