Dandim 0814 Jombang Kunjungi Air Terjun Tretes Pangajaran

 4

Jombang.     Setiajit Pjs Bupati Jombang berkeinginan untuk mengembangkan salah satu wisata alam yang ada di Kabupaten Jombang yakni Air terjun tretes pangajaran. Oleh sebab itu untuk mengetahui kondisi kawasan tersebut, pada Sabtu (24/3) dirinya bersama sejumlah kepala OPD Pemkab Jombang mengunjungi wisata yang masih alami tersebut. Ikut pula dalam rombongan ini dintaranya Dandim 0814/Jombang, Wakapolres Jombang bersama jajaran Kodim dan Polres Jombang.

Seperti diketahui, air terjun tretes pangajaran sudah lama ada dan telah dikunjungi banyak wisatawan. Namun sayang karena kurang mendapat perhatian serius sehingga akses untuk menuju lokasi air terjun sangat sulit.

Air Terjun Tretes Pangajaran berada di lokasi tersembunyi ditengah hutan yang masih alami. Tepatnya di kawasan Taman Hutan Raya Raden Soeryo (Tahura R. Soeryo) di Gunung Juruk Guah dalam komplek Gunung Anjasmoro, Dusun Pengajaran, Desa Galeng Dowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Propinsi Jawa Timur. Dengan ketinggian kurang lebih 158 meter, berada 1.250 meter DPL air terjun ini disebut menjadi yang tertinggi di Jawa Timur.

Untuk menjangkau lokasi rombongan pagi itu berangkat dengan menggunakan sepeda motor jenis trill sampai pada Pos UPT Tahura R Soeryo. Selanjutnya untuk menuju air terjun harus dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 1,5 KM.

Saat sampai di air terjun nan elok dan alami ini, Setiajit sangat terkesan melihat keindahan alam yang seakan bersembunyi ditengah hutan ini. Begitu juga rombongan lainnya tak henti mengekspresikan ketakjubannya.

Jombang memiliki alam yang tidak ada duanya di negeri yang kita cintai ini. Semoga dengan wisata ini Jombang makin terkenAl,”ungkap Setiajit saat menikmati suasana segar dibawah jatuhnya air.

Setiajit membeberkan bahwa secara kebetulan pemerintah propinsi Jawa timur juga akan mengembangkan wisata alam baru. “ Nah secara kebetulan wisata alam di wonosalam juga termasuk industry wisata,”bebernya. Kalau sudah seperti ini, Kata Setiajit  biasanya gandeng dengan Trade Tourism Invesment, oleh sebab itu kedepan Pemda Jombang harus menyiapkan produk produk apa yg disiapkan untuk pasar global.

Kalau air terjun ini dikembangkan untuk wisata alam, Setiajit percaya kawasan ini akan menjadi daerah wisata yang cukup cantik dan menjadi tujuan wisatawan mancanegara.  Bisa jadi air terjun ini bukan hanya yang terbagus di Indonesia bahkan dunia, karena ini adalah anugerah yang diberikan Tuhan untuk Kabupaten Jombang,”tandas Setiajit.

Setiajit menambahkan, cara pembangunan untuk mengembangkan wisata alam ini tidak bisa secara langsung namun harus bertahap. Karena untuk sampai lokasi air terjun penuh tantangan. Menurut Setiajit, untuk perbaikan jalan menuju wisata tersebut akan dilebarkan dengan karya bhakti TNI dan dibantu dari propinsi. “Selain itu untuk menuju air terjun harus jalan kaki dan nanti bisa dibuat tangga menuju wisata, kelihatan asli dan bagus,” jelasnya. (Penrem 082/CPYJ).

Related For Dandim 0814 Jombang Kunjungi Air Terjun Tretes Pangajaran