Chef Budi Membuat Durian Membooming Di Pedesaan

 1 (2)

KEDIRI.   Durian, buah yang satu ini menjadi sumber pendapatan utama sebagian petani di Desa Blimbing dan lewat budidaya tanaman ini, mereka sanggup menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang pendidikan tertinggi. Keberadaan buah durian yang mudah didapat di desa ini, menjadikan Chef Budi meliriknya, dan ia menjadikan buah ini sebagai icon pengolahan serba durian kepada ibu-ibu PKK Desa Blimbing. sabtu (27/10/2018) 

Balai Desa Blimbing, selama tiga hari berturut-turut dipenuhi ibu-ibu yang sedang melihat langsung, sekaligus mempraktekannya, bagaimana cara mengolah durian menjadi berbagai jenis makanan yang notabene berkelas. Olahan durian ini diselenggarakan atas kerjasama Pemerintah Daerah Kabupaten Kediri, Kodim 0809/Kediri serta Pemerintah Desa Blimbing, dan olahan durian masuk dalam agenda TMMD yang saat ini masih berlangsung di Kediri. 

Hari pertama, Chef Budi memperkenalkan makanan olahan durian pancake, ketan dan sop. Di hari kedua, makanan olahan durian es krim, bubur dan bolu. Sedangkan di hari ketiga atau terakhir, Chef Budi memperkenalkan kolak, puding dan klapertart. 

“Tidak mudah mengajari seseorang dari titik 0, perlu kesabaran. Umumnya, murid mengikuti alur guru, tapi kali ini tidak, guru yang mengikuti alur murid. Ini memang saya lakukan, banyak faktor yang tidak boleh diabaikan, karena ini beda,” ungkap Chef Budi. 

Tiga hari lamanya Chef Budi dengan sabar mengajak ibu-ibu untuk kreatif dalam mengolah buah durian, terlebih buah ini menjadi produk unggulan desa ini. Chef Budi sendiri, tak diragukan lagi skillnya dalam mengolah berbagai jenis makanan, termasuk durian. Hal ini dikarenakan Chef Budi sudah memiliki jam terbang lebih dari 10 tahun lamanya di salah satu hotel di Kediri. 

“Saya anggap ibu-ibu ini adalah ibu saya juga, jadi saya mengajarkannya tidak langsung ke titik fokus, tapi pelan-pelan. Tiap session, saya memberi ruang bertanya. Kita harus bisa membedakan siapa yang kita ajari, tidak bisa semua disama ratakan, harus ada perbedaan,” ujar Chef Budi. 

Terbukti, teori pengajaran Chef Budi membuahkan hasil, 9 jenis makanan serba durian bisa dipraktekkan dan hasilnya ibu-ibu mampu membuat makanan olahan ini. Walaupun ada segelintir kekeliruan, hal ini bisa dimaklumi dan sangat wajar, tetapi yang lebih penting bagaimana ibu-ibu ini bisa paham akan apa yang diajarkan dan antara teori dengan praktek bisa sinkron. 

Makanan serba durian ala olahan ibu-ibu PKK ini, pada hari ini juga dinikmati bapak-bapaknya, lantaran pada hari ini juga ada pertemuan rutin bulanan Ketua RT dan RW bersama perangkat desa setempat. Makanan inipun diserbu ramai-ramai dan bapak-bapakpun memuji kemampuan dari ibu-ibu dalam mengolah durian.(Penrem 082/CPYJ).

Related For Chef Budi Membuat Durian Membooming Di Pedesaan