Bupati Jombang Pimpin Upacara di Alon Alon Jombang

3(2)

Jombang. Upacara dalam 5 peringatan sekaligus yaitu; Peringatan hari AIDS sedunia, Hari Nusantara, Hari Bela Negara, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional dan Hari Ibu ke-90. bertempat di Alun-alun kabupaten Jombang. Senin (17 Desember 2018).

Dalam upacara tersebut, Bupati Jombang Mundjidah Wahab sebagai inspektur upacara dan komandan upacara, KBO BINMAS Polres Jombang, Iptu Nunung Damayanti.

Peringatan hari AIDS sedunia tahun ini mengambil tema Saya berani, saya sehat. Bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian seluruh masyarakat terhadap HIV AIDS dengan cara melakukan tes HIV AIDS dan melanjutkan dengan pengobatan ASV jika terdiagnosa sedini mungkin. Status kesehatan sedini mungkin untuk perlindungan keluarga dan orang yang tersayang agar tercapai penurunan HIV AIDS, sehingga Indonesia tidak ada lagi infeksi baru. Total penderita di kabupaten Jombang1404 penderita dengan 153 kasus. Pemeriksaan status HIV sudah tersedia di RSUD Jombang dan seluruh puskesmas di kabupaten Jombang.

Peringatan  hari Nusantara, dalam hal ini tertuang di Deklarasi Djuanda yang merupakan deklarasi kemerdekaan ke 2 bangsa Indonesia. Dengan merajut dan mempersatukan kembali wilayah dan kelautan yang utuh dan berdaulat.

Tahun 2018 ini bertema Perwujudan kesatuan Nusantara yang utuh melalui deklarasi Djuanda. Bertujuan menggelorakan cinta tanah air diatas persatuan dan kesatuan. Salah satu caranya dengan melaksanakan tugas sesuai dengan peran dan fungsi melalui bidang masing-masing sehingga membentuk produk pembangunan daerah yang terbaik.

Untuk hari Kesetiakawanan sosial Nasional mengambil tema Kesetiakawanan Sosial Nasional harmoni Indonesia. Dengan revitalisasi nilai-nilai kebersamaan, persaudaraan, kegotong-royongan dan kepedulian sosial. Dengan revitalisasi Berarti memelihara, menanamkan dan menumbuh kembangkan rasa cinta pada kehidupan bersama yang di implementasi dalam bentuk kesadaran dan kekuatan moral yang penting digalakkan untuk mengatasi berbagai masalah bangsa.

Bela negara berarti menanamkan dan menumbuh kembangkan rasa cinta dan bela tanah air. Dengan memotivasi semangat juang dan menjunjung tinggi bela negara. Bela negara itu wajib bagi setiap warga. Dengan terus menjaga dan meningkatkan harga diri bangsa.

Pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor kehidupan. Perempuan sebagai motor penggerak dan motor perubahan. Prinsip kesetaraan mulai dari lingkup Keluarga, masyarakat dan kehidupan berbangsa dan bernegara. Menentukan keberhasilan nasional. Peringatan hari ibu ke-90 bertema bersama meningkatkan peran perempuan dan laki-laki dalam membangun ketahanan keluarga untuk kesejahteraan bangsa.

Perlu diketahui peserta upacara terdiri dari regu gersang, PGRI, KORPRI dinas pendidikan, KORPRI OPD, Paramedis, mahasiswa, pramuka, pelajar SMA/SMK dan pelajar MA. yang dihadiri oleh Wakil Bupati Jombang, Kodim 0814 Jombang serta jajaran OPD pemerintah kabupaten Jombang. (Penrem 082/CPYJ).

 

Related For Bupati Jombang Pimpin Upacara di Alon Alon Jombang