Bersihkan Gulma (Rumput), TNI Ikut Turun Sawah

1 (1) 1 (3)
LAMONGAN. Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0812/12 Modo dan jajaran Kodim 0812 Lamongan, Sertu Wibowo Dan Serda Hari, pendampingan turun kesawah bantu bersihkan Gulma yang ada di tanaman padi. selasa (05/09/2017).
 
Babinsa Koramil 0812/12 Modo ini membantu petani membersihkan gulma (hama tanaman) rumput salah satunya di lahan petani Dusun Mejeruk Desa Yugyang Modo,milik Poktan Mugi Mulyo. Danramil 0812/12 Modo Kapten Inf Supriadi,menjelaskan, gulma adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang tinggi dalam budidaya padi sawah.
 
“Persaingan gulma dengan padi dalam masa pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen,” terangnya. Menurutnya, adanya persaingan antara gulma itu sendiri dengan padi, maka dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya akan berdampak tidak bagus pada pertumbuhan padi.
 
Selain itu, ada beberapa gulma yang dapat dijadikan tanaman inang oleh hama dan penyakit tanaman padi, sehingga bila dibiarkan dan tanpa dikendalikan, maka kerugian akan melanda petani. “Pengendalian gulma padi sawah, umumnya sudah dilakukan oleh para Babinsa dan petani, baik dengan penggunaan tenaga manusia (penyiangan tangan) dengan peralatan khusus (landak/gasrok) ataupun cara kimiawi dengan penggunaan herbisida,” pungkasnya. (Penrem 082/CPYJ )

Related For Bersihkan Gulma (Rumput), TNI Ikut Turun Sawah