Berbagi Pengetahuan Seputar Potensi Desa Di Sektor Perkebunan

1 (4)(2)KEDIRI. Penyuluhan pasca panen cengkeh, menjadi sorotan dalam agenda TMMD di balai Desa Blimbing, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Kali ini, Yusuf Wibisono dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri, menjadi nara sumber utama pada kegiatan yang diikuti puluhan petani cengkeh. kamis (8/11/2018)
 
“Kita (TNI) ada disini bukan hanya untuk pembangunan, tetapi juga penyuluhan, salah satunya kegiatan yang saat ini diadakan. TNI bersama Pemerintah Daerah bersinergi untuk mewujudkan SDM yang berkualitas dan berkuantitas. Potensi di desa ini salah satunya cengkeh dan disini Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri menyampaikan pengetahuan tentang pasca panen cengkeh,” kata Komandan SSK, Kapten Arm Bangun Budi.
 
Sementara itu, menurut keterangan Kepala Desa Djoeari, cengkeh di desa Blimbing ada di nomor 3, masih dibawah jagung dan diatas durian. Dulu, cengkeh ini kurang peminat, tapi dari tahun ke tahun terus meningkat. Sebenarnya, kalau buat laba-labaan, cengkeh lebih menguntungkan.
 
Yusuf Wibisono menjelaskan, bahwa perbedaan tingkat pemasakan bunga, waktu panen, tepatnya waktu pemetikan dan teknik pengolahan hasil akan menyebabkan kualitas hasil yang berbeda pula. Oleh karena itu, pemetikan harus dilakukan pada tingkat kemasakan yang tepat yakni pada waktu bunga berwarna pucat yang sebelumnya itu berwarna hijau, kemudian menguning akhirnya keunguan muda dan merah tua.
 
“Jika pemetikan dilakukan terlalu awal, maka akan menghasilkan cengkeh kering yang keriput, berat rendemennya sangat kurang, kadar minyak kurang sehingga harganya pun rendah,” jelasnya.
 
Ia menambahkan, bunga cengkeh yang sudah tua atau masak untuk dipungut jangan dibiarkan sampai mekar. Pengolahan cengkeh dilakukan dengan melalui beberapa tahap yaitu sortasi basah, pemeraman, pengeringan, sortasi kering dan penyimpanan.
 
Usai penjelasan yang berlangsung hampir satu jam tersebut, Yusuf Wibisono memperlihatkan cengkeh-cengkeh berkualitas diatas meja dan ditunjukkan kepada para petani Desa Blimbing (Penrem 082/CPYJ )
 

Related For Berbagi Pengetahuan Seputar Potensi Desa Di Sektor Perkebunan