Berbagai cara penerapan Babinsa dalam upaya membasmi populasi hama tikus kepada Petani

dok2

Lamongan-,Upaya membasmi populasi hama tikussawah, para Babinsa, PPL, melaksanakanpenerapan kepada petani dalam pembasmianhewan ( Hama Tikus ), Kegiatan ini sebagai wujudkepedulian bersama akan ketahanan pangan di Kabupaten Lamongan, khususnya di DesaKarangcangkring KecKedungpring Kablamongan. Senin (04/02/19).

Kegiatan penerapan cara pembasmian hama tikusini dilakukan oleh Babinsa dari Koramil 0812/11Kedungpring Serda Bagus dan PPL, KecamatanKedungpring, Sebelum kegiatan dilaksanakan, parapetani diberikan sosialisasi bagaimana caranyaberburu hama tikus menggunakan alat Tiran 75 SP yang diberi dari dinas terkait. Menurut KepalaBabinsa dan PPL, kegiatan berburu hama tikustersebut dalam upaya untuk mengurangi serangansejumlah hama padi, khususnya tikus. “Karenaserangan hama tikus hamper setiap musim tanam, yang terjadi saat  saat beberapa hari lagi padiakandipanen,” ungkapnya.

 Tentunya, apa yang mereka lakukan ini merupakansalah satu dari beragam cara memberantas hama di sawah bagi para petani, selain dengan membunuhhama lewat bahan kimia. “Yang jelas cara ini alamiserta bias menumbuhkan rasa kebersamaan dankegotongroyongan,” katanya di sela-sela kegiatanmemburu tikus.

 Sementara itu, komandan Koramil ( Danramil ) 0812/11 Kedung pring) Kapten Inf Budimenjelaskan bahwa keterlibatan TNI-AD dalamkegiatan perburuan hama tikus tersebut sebagaiupaya membantu petani dalam  membasmi hama. Apa yang mereka lakukan tersebut, menurutnya, merupakan pendampingan terhadap petani, sebagaitindak lanjut MOU TNI dengan KementerianPertanian, dalam upaya peningkatan ketahananpangan. (Penrem 082/CPYJ).

 

Related For Berbagai cara penerapan Babinsa dalam upaya membasmi populasi hama tikus kepada Petani