Berantas Sektor Nyamuk, Babinsa Koramil 0811/18 Parengan Bersama Dinas Kesehatan Lakukan Fogging

4(1)

Tuban- Malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit Plasmodium dan ditularkan kepada manusia melalui gigitan nyamuk Anopheles betina.untuk itu, perlu dilakukan tindakan preventif sebelum berdampak fatal pada kesehatan kita.

Penyakit malaria kini sedang mewabah, tak heran jika penyakit ini menimbulkan kepanikan di masyarakat. Malaria bukanlah merupakan penyakit baru, merebaknya kasus malaria dan demam berdarah dengue (DBD) menggugah minat masyarakat untuk melindungi diri dan memerangi penyakit tersebut, karena takut terhadap akibatnya yang fatal.

Babinsa DesaSembung, Koramil 0811/18 Parengan Serda Kahar bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban melaksanakanFogging (pengasapan) memotong siklus penyebarannya dengan memberantas nyamuk tersebut. Salah satu penyebab Demam Berdarah dan Malaria. Selain itu juga dapat dilakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan (MBS)

Dalam penyampaiannya Serda Kahar,untuk mengetahui sampel darah penderita malaria serta memberantas jentik nyamuk, bila hal ini tidak dikendalikan bisa memicu ledakan masalah pada masa mendatang karena umumnya dikerjakan tanpa dilandasi pengetahuan yang benar. Tingginya morbiditas penyakit itu memaksa masyarakat bertindak memberantas nyamuk anopheles,culex, Aedes aegypti sebagai serangga yang berbahaya.

Pengasapan atau fogging yang dilaksanakan dinas kesehatan dan Babinsa bertujuan untuk menyebarkan pestisida ke udara/lingkungan melalui asap, yang diharapkan dapat membunuh nyamuk dewasa (yang infektif), sehingga rantai penularan malaria dan DBD bisa diputuskan dan populasinya secara keseluruhan akan menurun

DesaSembung merupakan salah satu Desa yang terletak diwilayah Kecamatan Parengan. Potensi wilayah yang  secara demografis maupun secara topografis memberi pengaruh yang besar terhadap kemajuan wilayah tingkat  kejadian malaria di wilayah Desa Sembung meskipun tidak merata namun masalah ini perlu adanya pencegahan agar masyarakat terhindar dari wabah Malaria dan Demam Berdarah. (Penrem 082/CPYJ)

Related For Berantas Sektor Nyamuk, Babinsa Koramil 0811/18 Parengan Bersama Dinas Kesehatan Lakukan Fogging