Bentuk Karakter, Koramil 0815/11 Pungging Kenalkan SIMOKOS Di Dua Sekolah

1 (1)(6)MOJOKERTO, – Koramil 0815/11 Pungging Kodim 0815 Mojokerto terus bersinergi dengan sekolah-sekolah yang ada di wilayah tugasnya. Hal ini dilakukan guna membantu membentuk karakter siswa/siswi yang ada di wilayah binaan.

Kali ini, Jum’at (28/09/2018) siang, Koramil 0815/11 Pungging menghadirkan Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosial (SIMOKOS) di SDN Jabontegal Desa Jabontegal Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

SIMOKOS, merupakan kendaraan roda tiga berwarna hijau yang didalamnya terdapat beragam buku bacaan tentang pengetahuan tentang TNI, Pertanian dan Wawasan Kebangsaan serta dilengkapi Televisi LED untuk memutar film dokumenter atau film tentang edukasi, demikian jelas Bati Komos Koramil 0815/11 Pungging Serka M. Jumariyanto dalam pengantarnya.

Masih tuturnya, selain untuk memotivasi para siswa/pelajar untuk gemar membaca, Simokos juga merupakan wahana untuk membentuk karakter para siswa melalui pemberian materi wawasan kebangsaan.

“Ini bentuk partisipasi dan peranserta kita (TNI) dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan mengajak para siswa untuk gemar membaca buku serta sarana memupuk rasa persatuan dan kesatuan melalui pemberian wawasan kebangsaan dan permainan outbond wasbang,” tegasnya.

Kehadiran SIMOKOS tersebut direspon positif Kepala Sekolah SDN Jabontegal, Uswatun Khasanah, S.Pd, beserta para guru, terlebih para siswa yang menyambutnya dengan gembira dan penuh suka cita.

“Saya sangat bangga dan berterima kasih  dengan kegiatan Simokos yang dilaksanakan di sekolah ini, mudah-mudahan anak didik kami dapat menyerap semua ilmu yang diberikan dan menambah wawasan sehingga ke depan anak didik kami termotivasi untuk lebih cinta tanah air dan bangsa,” ungkap Kasek SDN Jabontegal.

Pada kesempatan tersebut, dihadapan 136 siswa/siswi, Bati Komos Koramil 0815/11 Pungging Serka M. Jumariyanto, menyampaikan materi wawasan kebangsaan, meliputi Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, kedisiplinan, dan bela negara.

Berikutnya, Tim Simokos Koramil 0815/11 Pungging mengajak para siswa/siswi untuk membaca beragam buku bacaan yang tersedia di Perpustakaan Mini Simokos dilanjutkan pemberian materi outbond Wasbang.

Saat penyampaian kesan dan pesan, perwakilan siswi kelas VI Aulia Gifarin Lisa Fiono, mengungkapkan rasa senangnya dengan kehadiran Simokos di sekolahnya, karena dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan dengan membaca buku-buku yang disediakan dan melalui permainan outbond juga telah mengajarkan kami untuk selalu displin, kompak dan bersatu.

Sekedar informasi, sebelumnya, Kamis (27/09) Koramil 0815/11 Pungging juga telah mengenalkan Simokos bagi Siswa/Siswi MTs Pondok Pesantren Nurul Islam Desa Jabontegal yang diikuti 150 siswa/siswi serta dihadiri Kepala Sekolah MTS Nurul Islam, Muhammad Ikshan, S.Kom, MM beserta para guru.

Pada kesempatan berbeda, Danramil 0815/11 Pungging Kapten Arh Aris Tiyono, menuturkan, Simokos merupakan media untuk membangun komunikasi dan interaksi dengan kalangan dunia pendidikan khususnya membantu membentuk karakter sejak dini bagi para siswa/siswi melalui materi wawasan kebangsaan.

“Selama pekan ini, pihak Koramil sudah mensosialisasikan dan mengoperasionalkan Simokos di lima lokasi berbeda, yakni SDN Pungging 1, SDN Kembangringgit 2, SDN Banjartanggul, MTs Ponpes Nurul Islam dan terakhir di SDN Jabontegal. Ini untuk bekal awal bagi siswa-siswi yang ke depan tentunya akan menjadi generasi muda kader penerus bangsa,“ pungkas Danramil. (Penrem 082 / CPYJ ).

Related For Bentuk Karakter, Koramil 0815/11 Pungging Kenalkan SIMOKOS Di Dua Sekolah