Bentuk Karakter Generasi Milenial, Kasdim 0815 Tanamkan Wasbang Bagi Peserta Didik Baru

1 (6)

MOJOKERTO, – Menuju Indonesia Emas 2045 tentunya perlu dipersiapkan generasi penerus yang memiliki SDM emas dan mampu bersaing dengan negara-negara lain sehingga tujuan dan cita-cita nasional dapat terwujud demi kemajuan pembangunan, kedaulatan, keutuhan dan kejayaan NKRI.
Hal ini disampaikan Kepala Staf Kodim 0815 Mojokerto Mayor Inf Nuryakin, S.Sos, saat memberikan materi Wawasan Kebangsaan bertajuk “Peran Pemuda Dalam Upaya Bela Negara Menuju Indonesia Emas”, bagi 408 peserta didik baru Kelas X SMAN Bangsal, Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (16/07/2018).
Untuk menuju Indonesia Emas tersebut, lanjut Kasdim, generasi muda khususnya para siswa-siswa sekolah lanjutan ini perlu diberikan pemahaman wawasan kebangsaan sehingga para siswa mengetahui, mengerti dan memahami makna wawasan kebangsaan itu sendiri, yakni sebagai konsepsi cara pandang Bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945, tegasnya.
Satu kesatuan di sini harus dipahami, sebagai kesatuan atau integrasi nasional yang meliputi kesatuan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan dan keamanan.  Utamanya pemahaman dan pengamalan nilai-nilai luhur Pancasila, karena Pancasila sebagai Ideologi Negara, tandasnya.
Para siswa harus mengerti dan memahami sejarah perjuangan bangsa, hal ini dilakukan untuk menanamkan sikap patriotisme dan nasionalisme, untuk mempertebal kecintaan terhadap NKRI.  Bila generasi muda kita kecintaannya terhadap Tanah Air sudah mengakar, tentunya akan termotivasi untuk mengharumkan nama bangsa melalui bidang ilmu pengetahuan, olah raga dan kreativitas lainnya yang positif, demi kemajuan bangsa dan negara, pungkasnya.
Sebelum pemberian materi Wawasan kebangsaan, terlebih dahulu para siswa/siswi SMAN Bangsal mengikuti upacara bendera, dengan Irup Danramil 0815/10 Bangsal Kapten Arh Anang Supriyanto yang diikuti seluruh siswa-siswi, Dewan Guru dan Staf TU SMAN Bangsal, sekitar 1.300 orang.
Sementara Kepala SMAN Bangsal Suyono, S.Pd, M.MPd, mengatakan, kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) ini dilaksanakan dengan tujuan agar para siswa khususnya peserta didik baru dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah, mengenal potensi siswa, memotivasi siswa untuk belajar, dan membantu siswa untuk berinteraksi dengan siswa lainnya atau warga sekolah.
Kasek juga, mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0815 Mojokerto dan Koramil Bangsal atas kesediaan waktu untuk hadir dalam upacara dan memberikan materi wawasan kebangsaan bagi peserta didik baru di SMAN Bangsal.
(Penrem 082/CPYJ).

 

Related For Bentuk Karakter Generasi Milenial, Kasdim 0815 Tanamkan Wasbang Bagi Peserta Didik Baru