Bentuk Generasi Muda Berkarakter, Kodim 0815 Mojokerto Gelar Persami Saka Wira Kartika

 Persami (3)

MOJOKERTO.      Dalam rangka membentuk generasi muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan serta berjiwa ksatria demi menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Kodim 0815 Mojokerto menggelar kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) Saka Wira Kartika Kodim 0815 Mojokerto Semester I Tahun 2018 di Ubaya Training Center (UTC) Desa Tamiajeng Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto, Sabtu (28/04/2018).

Dalam sambutannya, Komandan Kodim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, SH, selaku Pimpinan Saka Wira Kartika Kodim 0815 Mojokerto saat membuka secara resmi kegiatan Persami, menyampaikan, pembentukan Pramuka Saka Wira Kartika sebagai wadah pilihan utama dan solusi bagi generasi muda yang berpotensi di bidang kepramukaan dengan menitikberatkan dalam hal kepemimpinan, pengetahuan kewilayahan dan pengamanan lingkungan.

Gerakan Pramuka, lanjut Dandim, mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembinaan generasi muda untuk menjadi kader penerus cita-cita dan perjuangan bangsa yang berjiwa Pancasila.  “Ini salah satu alasan yang melatarbelakangi dilaksanakannya Perkemahan Sabtu Minggu (Persami)”, tegasnya.

Masih lanjut Dandim, basic gerakan Pramuka tidak jauh berbeda dengan yang telah dilakukan selama ini, untuk itu melalui kegiatan Persami ini, mari kita kembangkan sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan berguna bagi kita semua terutama generasi muda.

Kegiatan Persami ini untuk meningkatkan wawasan dan semangat kebangsaan serta bela negara generasi muda sehingga mampu menggugah semangat persatuan dan kesatuan bangsa.  “Kegiatan Persami Saka Wira Kartika Kodim 0815 bertujuan untuk membentuk kader generasi muda sebagai pemimpin bangsa yang berkarakter”, tandasnya

Sementara Pasiter Kodim 0815 Kapten Arh Supriyono menambahkan,  selama Persami Saka Wira Kartika Kodim 0815 Mojokerto, para peserta akan menerima pembekalan dari para Pembina dan Pembimbing, di hari pertama (Sabtu) setelah upacara pembukaan dilanjutkan pembekalan dan penilaian perkemahan, kemudian dilanjutkan materi Krida PBB, Krida Navigasi Darat (Ilmu Medan membaca peta dan kompas), Wawasan Kebangsaan, Kompas Malam dan Api Unggun. Berikutnya di hari kedua (Ahad), materi Pioneer dan Krida Penanggulangan Bencana Alam.

Suasana penuh kegembiraan tampak dari wajah para peserta Persami Saka Wira Kartika, yang sangat antusias dan semangat menerima materi pengetahuan dan keterampilan yang dipandu oleh Tim Pembimbing dari Kodim 0815 Mojokerto.

Hadir dalam kegiatan tersebut kurang lebih 140 orang, antara lain Ka Kwarcab Pramuka Kabupaten Mojokerto, DR. H. Akh. Jazuli, SH., M.Si, Forpimka Trawas, Ka Kwaran Pramuka Kecamatan Trawas, Perwakilan Danramil dan Perwira Staf Kodim 0815, Perwakilan Anggota Koramil Jajaran Kodim 0815 selaku Pembimbing dan 100 orang Anggota Saka Wira Kartika dari SMA/SMK/MA selaku Perwakilan dari Saka Wira Kartika Koramil Jajaran Kodim 0815, serta Tim Pendukung dan undangan. (Penrem 082/CPYJ).

Related For Bentuk Generasi Muda Berkarakter, Kodim 0815 Mojokerto Gelar Persami Saka Wira Kartika