Bati Wanwil dan Babinsa Koramil 0815/12 Ngoro Ikuti Pelatihan GHIPPA

 Rml Ngoro (6)
MOJOKERTO.     Bati Wanwil Koramil 0815/12 Ngoro Kodim 0815 Mojokerto Serma Dwi Handoko dan Babinsa Jasem Koramil 0815/12 Ngoro Serma Irwanto hadir dan mengikuti kegiatan Pelatihan Gabungan Himpunan Petani Pemakai Air (GHIPPA) Sumber Rejeki Lancar Daerah Irigasi  Oro-Oro Jipang Desa Kutogirang Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto, Jum’at (8/12/2017).
 
Kegiatan pelatihan yang berlangsung di Balai Desa Jasem Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto, Jatim dengan peserta dari Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Desa Jasem dan Desa Purwojati Kecamatan Ngoro serta HIPPA Desa Randuharjo Kecamatan Pungging, Mojokerto. 
 
Pelatihan ini sebagai penunjang WISMP-2 Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto 2017 dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan sumber daya air wilayah sungai dan irigasi serta meningkatkan produktivitas pertanian di lahan beririgasi.
 
Materi pelatihan dititikberatkan pada Aspek Managemen, Organisasi dan Keuangan (MOK) dengan pemateri Staf Bidang Prasarana dan  Sarana  Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto Sumarji, AP  dan Koordinator Penyuluh Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto Massuhadak, SP., M.MA.
 
Dalam kata pembukanya, Staf Bidang Prasarana dan Sarana Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, Sumarji, AP menyampaikan, kedatangannya beserta rombongan untuk memberikan pembekalan Kelembagaan HIPPA/GHIPPA sehingga diharapkan pengurus HIPPA  dapat mengelola administrasi dengan baik sehingga tercipta tertib administrasi.
 
Kemudian pemberian materi oleh Koordinator Penyuluh Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, Massuhadak, SP., MMA., tentang administrasi kelembagaan HIPPA/GHIPPA, tujuan pelatihan administrasi kelembagaan, administrasi umum, tugas kesekretariatan, kegunaan administrasi kelembagaan, administrasi keuangan HIPPA/GHIPPA serta pengelompokan dokumen/surat-surat.   Usai pembekalan materi teori dilanjutkan praktek.
 
Hadir dalam kegiatan tersebut, sekitar 25 orang, antara lain Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Ngoro Pai Hariyanto, SP beserta anggota, Ketua HIPPA Desa Purwojati Kecamatan Ngoro, Markasan beserta pengurus, Ketua HIPPA Desa Jasem Kecamatan Ngoro, Wajib beserta pengurus dan Ketua HIPPA Desa Randuharjo Kecamatan Pungging, Bisri beserta pengurus.
 
Untuk diketahui, keberadaan 8 Lembaga HIPPA/GHIPPA yang ada di wilayah Kecamatan Trawas, Pungging dan Ngoro yang mengelola irigasi pertanian, mampu mengairi 495 Ha, sedangkan untuk 3 HIPPA yang mengikuti pelatihan tersebut,  mengelola irigasi pertanian untuk areal pertanian seluas 73 Ha. (Penrem082/CPYJ ).
 

Related For Bati Wanwil dan Babinsa Koramil 0815/12 Ngoro Ikuti Pelatihan GHIPPA