Bamin Komsos Koramil 0811/09 Jatirogo Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Peserta Diklatsar Banser

2(3)
Tuban–  Dalam rangka kaderisasi di lingkup GP Ansor,Gerakan Pemuda Ansor PAC Jatirogo  menggelar Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Barisan Ansor Serba Guna (Banser) di Gedung Kesambi Perhutani Kebonharjo  Kecamatan Jatirogo, (24/11) hingga (26/11).
 
Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Jatirogo  Drs. Moh Nawawi, Bamin Komsos Koramil 0811/09 Jatirogo  Serma Suwanto, Wakapolsek Jatirogo Ipda Suhardi, PC Ansor Kabupaten Tuban Pratondo.
 
Diklatsar Banser dengan mengusung tema “Bersama Ansor dan Banser Siap Membela Bangsa dan Negara”, diikuti sekitar 70 peserta terdiri dari 40 orang dari PAC Ansor Jatirogo, PAC Bangilan dan PAC Kenduruan masing-masing 15 orang.
 
Selama Diklatsar ini, para peserta dibekali beberapa materi diantaranya,Wawasan Kebangsaan oleh Serma Suwanto Bamin Komsos Koramil 0811/09 Jatirogo, Bahaya Berlalu lintas oleh Wakapolsek Jatirogo & Pengendalian Massa dan Teknik Kemampuan Dasar Banser.
 
Pada kesempatan itu, Bamin Komsos Koramil 0811/09 Jatirogo Serma Suwanto hadir mewakili  Danramil  0811/09 Jatirogo Kapten Cpl Herianto memberikan materi Wawasan Kebangsaan bertajuk ” Pancasila & NKRI”.
 
Dalam materinya, Serma Suwanto mengupas tentang Pancasila yang merupakan Perjanjian luhur, sebagai pandangan hidup sekaligus Ideologi dan Dasar Negara, sebagai cita-cita dan tujuan berbangsa dan bernegara yang dapat mempersatukan Bangsa Indonesia.
 
“Dalam perjalanan Bangsa Indonesia, Pancasila sering mendapat rongrongan dari ideologi lain, padahal sesuai kajian dan telaahan, Ideologi Pancasila paling cocok dengan kultur dan budaya Bangsa Indonesia yang sangat beragam,” ucap Serma Suwanto.
 
Suwanto menjelaskan Indonesia dengan segala potensinya merupakan peluang sekaligus ancaman. Posisi geografis Indonesia merupakan Kepulauan Nusantara yang membentang dari Sabang sampai Merauke menimbulkan kerawanan terjadinya disintegrasi. Demikian pula dengan faktor Demografi dan Kondisi Sosial yang berpotensi menjadi ancaman melalui proxy war.
 
Diakhir materinya, Suwanto  mengajak untuk menggugah kembali kesadaran seluruh peserta Diklatsar Banser dalam berbangsa dan bernegara melalui penguatan wawasan kebangsaan.
 
“Pentingnya penanaman sikap/rasa cinta tanah air dan semangat bela negara khususnya bagi generasi muda dalam menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045 yang penuh dengan persaingan global, sehingga generasi muda Indonesia menjadi generasi tangguh,” jelas Suwanto.  ( Penrem 082/CPYJ )

Related For Bamin Komsos Koramil 0811/09 Jatirogo Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Peserta Diklatsar Banser