Bakti Sosial Khitanan Massal Warnai Hari Juang Kartika Di Mojokerto

1 (1)

MOJOKERTO, – Kodim 0815 Mojokerto menggelar berbagai kegiatan dalam rangka menyambut Hari Juang Kartika Ke-73 dan HUT Ke-70 Kodam V/Brawijaya Tahun 2018 diantaranya karya bakti peduli lingkungan, aksi penghijauan dan bakti sosial yang dilangsungkan di wilayah Koramil jajaran.

Kali ini di wilayah Koramil 0815/03 Sooko dilangsungkan khitan massal bagi 95 orang anak bertempat di Masjid Tiban Nurul Huda Dusun Daleman Desa Japan Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Ahad (02/12/2018).  Aksi sosial ini dibarengkan dengan kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kegiatan bertemakan “Bakti Sosial Khitanan Massal Dalam Rangka Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 Hijriyah, Hari Juang Kartika Ke-73 dan HUT Ke-70 Kodam V/Brawijaya Tahun 2018”, Wabup Mojokerto diwakili Sekcam Sooko Kartono, S.Pd, M.MPd, Forpimka Sooko, Ketua Panitia Khitan Massal Ke-52 Tahun 2018 H. Saiful Fuad, Kades Japan H. Salim Udin, Babinsa Japan Serka Budi Siswanto, Jama’ah dan undangan lainnya sekitar 700 orang.

Pada kesempatan tersebut, Dandim 0815 diwakili Danramil 0815/03 Sooko Kapten Inf Hari Subiyanto, mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud sinergitas Kodim 0815, Instansi terkait dan Masyarakat khususnya Takmir Masjid Tiban Nurul Huda dalam bakti sosial khitan massal.

“Khitan massal yang dilaksanakan di Masjid Tiban Nurul Huda sebagai bagian penyiapan generasi penerus bangsa yang senantiasa bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan selalu menjaga kesehatan secara perorangan. Kegiatan Khitan Massal secara tidak langsung mendidik kita untuk hidup saling memberi dan meringankan beban warga kurang mampu,” ungkap Danramil.

Di akhir sambutannya, Danramil mengajak semua hadirin, mulai dari individu, keluarga, tingkat RT, RW dan Dusun serta Desa agar mampu menciptakan situasi lingkungan yang lebih kondusif.

Berikutnya dilakukan proses khitan oleh Tim Medis dari RS Gatoel Mojokerto sebanyak 23 orang dengan rincian satu orang dokter dan 22 orang perawat. Usai kegiatan, masing-masing peserta khitan menerima sertifikat khitan massal, seperangkat busana muslim dan uang saku dari Pihak Panitia, sementara dari pihak Kodim 0815 memberikan kantong buku dan seperangkat alat tulis bagi 95 peserta khitan.

Pada kegiatan tersebut juga diisi dengan pengajian umum, ceramah agama dan tausiyah oleh KH. Mughni Wahab dari Mojokerto, dan KH. Dhuri Ashari dari Semarang.

Untuk diketahui, peserta khitan tidak hanya dari wilayah Kecamatan Sooko namun dari wilayah Trowulan, Puri, Jatirejo dan sekitarnya, bahkan ada dari luar wilayah Kabupaten Mojokerto, yakni wilayah Kudu Jombang dan wilayah Sidoarjo. (Penrem 082/CPYJ).

 

 

Related For Bakti Sosial Khitanan Massal Warnai Hari Juang Kartika Di Mojokerto