Babinsa Sekargadung Koramil Pungging Ikuti Penyuluhan Kesehatan

1 (1)
MOJOKERTO.     Babinsa Sekargadung Koramil 0815/11 Pungging Kodim 0815 Mojokerto mengikuti Penyuluhan Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) dan HIV/AIDS bertempat di Desa Sekargadung Kecamatan Pungging Kabupaten  Mojokerto, Jumat (29/09/2017).
 
Hadir dalam kegiatan tersebut, sekitar 40 orang, antara lain Tim Penyuluh Kesehatan P4K dan HIV/AIDS dari UPT Puskesmas Pungging Kabupaten Mojokerto Mega Firgawati, SST., Hasym, S.Kep dan Ria Purnama Sari.  Tampak pula Tiga Pilar Desa Sekargadung, yakni Kades Ponidi, Babinsa Serda Nanang  dan Bhabinkamtibmas Bripka Agus Siswanto serta Pengurus Tim Penggerak PKK Desa Sekargadung beserta anggota.
 
Penyuluh Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K), Mega Firgawaty, SST., mengungkapkan bahwa tujuan pelaksanaan penyuluhan ini untuk meningkatkan cakupan dan mutu pelayanan bagi ibu hamil dan bayi baru lahir melalui peningkatan peran aktif keluarga dan masyarakat dalam merencanakan persalinan yang aman dan persiapan menghadapi komplikasi dan tanda bahaya kebidanan bagi ibu sehingga melahirkan bayi yang sehat.
 
Sedangkan tujuan khusus dari P4K ini, diantaranya terdatanya status ibu hamil dan terpasangnya stiker P4K di setiap rumah ibu hamil yang memuat informasi tentang lokasi tempat tinggal ibu hamil, Identitas ibu hamil, taksiran persalinan, penolong persalinan, pendamping persalinan, fasilitas tempat persalinan, calon donor darah, transportasi yang akan digunakan dan pembiayaan.
 
Selain itu, tujuan P4K ini juga dimaksudkan agar tersedianya perencanaan persalinan termasuk pemakaian KB pasca persalinan yang sesuai dan disepakati ibu hamil, suami, keluarga, dan bidan.  Terlaksanannya pengambilan keputusan yang cepat dan tepat bila terjadi komplikasi selama kehamilan, persalinan dan nifas.
 
Melalui P4K ini, diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan tokoh masyarakat baik formal maupun non formal, pendamping persalinan dan kelompok masyarakat dalam perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi dengan stiker dan KB pasca salin sesuai dengan perannya masing-masing, pungkasnya.
 
Hasym, S.Kep., yang mendapat kesempatan berikutnya untuk menyampaikan materi HIV/AIDS menyampaikan, tujuan dilaksanakannya penyuluhan HIV/AIDS yaitu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya HIV/AIDS.  Di masa sekarang ini pergaulan bebas terutama anak remaja semakin tak terkendali, menurunnya moral dan lunturnya adat-istiadat membuat seks bebas dianggap hal yang lumrah.  Selanjutnya, penyuluh menjelaskan tentang HIV/AIDS, cara-cara penularan dan ciri-ciri pengidap HIV/AIDS. 
 
Sementara Ketua TP-PKK Desa Sekargadung Ibu Mistiani menyampaikan, penyuluhan HIV/AIDS yang diselenggarakan TP-PKK Desa Sekargadung bekerjasama dengan UPT Puskesmas Pungging, bertujuan untuk menggerakkan anggota masyarakat terutama peranan orang tua dalam mendidik putra-putrinya agar menjauhi perbuatan menyimpang.
 
Anak remaja merupakan masa depan negara, dengan menghasilkan remaja yang sehat dan bebas HIV/AIDS membuat masa depan yang lebih baik.  “Dengan adanya penyuluhan ini masyarakat desa diharapkan akan lebih berhati-hati dalam menjaga pergaulan putra-putri mereka”, ucapnya.
 
Untuk diketahui, kegiatan ini merupakan program kerja TP PKK Desa Sekargadung yakni program Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Pendidikan Kesadaran Bela Negara (PKBN) dan HIV/AIDS. (Penrem 082/CPYJ )

Related For Babinsa Sekargadung Koramil Pungging Ikuti Penyuluhan Kesehatan