Babinsa Sawo Jetis Bantu Pengairan Sawah Poktan Parikesit

3

Mojokerto.    Curah hujan yang kian hari semakin berkurang mengakibatkan areal pertanian yang ditanami padi di Desa Sawo Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto, kekurangan pasokan air.  Kondisi ini membuat para petani harus bekerja keras untuk mengatasinya agar tanaman padinya tetap hidup.  Salah satu solusinya dengan melakukan pengairan menggunakan diesel pompa air dari sumur bor yang ada di areal pertanian.

Seperti yang dilakukan kelompok tani (Poktan) Parikesit, Dusun Jeruk Macan Desa Sawo Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, melakukan pengairan lahan sawah milik Solikin seluas satu hektar, dengan menggunakan diesel pompa air, Kamis (24/05/2018). Kegiatan pengairan sawah tersebut didampingi Babinsa Sawo Koramil 0815/07 Jetis Serda Edi Purwono.

Saat di lokasi Serda Edi Purwono menyampaikan bahwa tanaman padi varietas Ciherang di areal seluas satu hektar milik Solikin, anggota Poktan Parikesit, saat ini dalam masa pertumbuhan, sehingga banyak memerlukan pasokan air, apabila kebutuhan air saat ini tidak tercukupi akan mengakibatkan kegagalan panen, sehingga petani akan mengalami kerugian.

Masih menurut Serda Edi Purwono, saat musim kemarau tiba kita tidak bisa mengandalkan irigasi pertanian, namun harus mengairi lahan sawah secara mandiri dengan menggunakan mesin diesel pompa air sehingga tanaman padi tidak mengalami kekurangan air.

“Bila kebutuhan air pada tanaman tercukupi, maka tanaman akan tumbuh dan berkembang secara normal sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil produksi pertanian”,  jelasnya. (Penrem 082/CPYJ ).

Related For Babinsa Sawo Jetis Bantu Pengairan Sawah Poktan Parikesit