Babinsa Modopuro Koramil 0815/19 Mojosari Mengikuti Sosialisasi Kartu Tani

1 (2)

Mojokerto.    Babinsa Modopuro Koramil 0815/09 Mojosari Serda Dwi Hartono hadir dan mengikuti kegiatan sosialisasi kartu tani bertempat di Balai Desa Modopuro Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto, Rabu (12/07/2017).

Kegiatan sosialisasi kartu tani yang diselenggarakan oleh Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto bersama Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) melalui BNI dihadiri sedikitnya 80 orang, antara lain Koordinator PPL dari BPP Mojosari, Amin, SP., Pihak BNI Kanca Mojokerto Aan Sulistiono dan Fatih didampingi Diah dari BNI KCP Mojosari, Kades Modopuro Mistolo Wahyudi, Perwakilan PPL dan Gapoktan se-Kecamatan Mojosari, Perwakilan Pemilik Kios Pupuk Totok.

Dalam kata pembukanya, Koordinator PPL Mojosari Amin, SP., menyampaikan Program Pemerintah harus kita dukung yang bertujuan untuk membantu petani termasuk adanya kartu tani ini tentunya akan mempermudah petani dalam penerimaan bantuan. Dari pihak BNI Kanca Mojokerto Aan Sulistiono dan Fatih secara bergantian mengenalkan kartu tani diantaranya yang berhak mendapatkan kartu tani yaitu petani, penggarap, pesewa yang terdaftar dalam RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok) Pupuk Bersubsidi dan terbatas pada komoditas padi.  Petani selaku pengelola lahan tanaman padi berhak mendapatkan pinjaman lunak dari Bank BNI.

Dijelaskan pula tentang tata cara pembuatan kartu tani melalui pembukaan rekening gratis tanpa setoran awal namun dapat di-ATM-kan tanpa biaya administrasi bulanan. Kartu Tani ini sebagai solusi perbankan yang terintegrasi yang manfaatnya untuk simpanan, transaksi dan penyaluran pinjaman bahkan dapat digunakan untuk membayar tagihan.  Kartu tani juga dapat digunakan untuk pengambilan subsidi pupuk yang pengambilannya melalui kios pupuk resmi, pPungkasnya.

Diakhir materi sosialisasi, Koordinator PPL Kecamatan Mojosari, Amin, SP., mengajak para Gapoktan, Poktan dan Pemilik Kios Pupuk untuk program menikmati pemerintah ini yakni salah satunya kartu tani, bila ada kendala kita perbaiki bersama-sama.

Sementara itu, Babinsa Modopuro Serda Dwi Hartono mengajak para petani untuk mendukung dan mensukseskan program pemerintah termasuk kartu tani ini, yang tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan petani. “Sudah banyak bantuan dari pemerintah untuk para petani seperti alat mesin pertanian, bantuan benih dan pupuk bersubsidi demi pencapaian swsmbada pangan” ucapnya singkat.

Related For Babinsa Modopuro Koramil 0815/19 Mojosari Mengikuti Sosialisasi Kartu Tani