Babinsa Koramil Widang Bersama Tim Kesehatan Puskesmas Beri Pemahaman Warga Tentang HIV/AIDS

luhkes
Tuban– Sabtu (15/7/2017) Bertempat di Balai Desa Mrutuk Kecamatan Widang Kabupaten Tuban dilaksanakan sosialisasi HIV/AIDS oleh tim kesehatan Puskesmas Widang kepada warga setempat.
 
Kegiatan ini dihadiri oleh, Kepala Desa Mrutuk, Sunarto,  Babinsa Mrutuk Serda Prapto Susilo, Babinkamtibmas, Brigadir Erwin, Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan warga setempat dengan nara sumber dr. Shinta, Kepala Puskesmas Widang.
 
Dalam paparannya, dr. Shinta menjelaskan, maksud dan tujuan sosialisasi adalah memberikan pengetahuan dan wawasan kepada warga tentang hal ihwal HIV/AIDS, bagaimana cara penularan/penyebarannya, bagaimana cara pencegahannya dan bahaya/kerugian yang ditimbulkan, agar tercipta iklim kondusif dalam pelaksanaan kegiatan dilingkungan masyarakat.
 
“Perlu untuk diketahui bahwa HIV (Human Immunodeficiency Virus), dan jika menginfeksi dapat menyebabkan menurunnya kemampuan dalam melawan infeksi virus, bakteri, jamur, parasit yang masuk ke dalam tubuh. Virus HIV bekerja dengan cara menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, yang juga menyebabkan penderitanya rentan terhadap serangan kanker karena menurunnya kekebalan tubuh. Sedangkan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) yang merupakan tahap lanjutan dari infeksi virus HIV, dimana penularan virus ini dapat melalui 3 hal yaitu hubungan seksual, jarum suntik (NAPZA) dan ODHA. Namun virus ini tidak dapat menular lewat kontak fisik biasa contohnya berpelukan, berciuman, atau berjabat tangan dengan seseorang yang terinfeksi HIV/AIDS, oleh karenanya kita tidak boleh mengucilkan atau mengasingkan mereka,” paparnya di depan warga.
 
Sementara, Babinsa Mrutuk Koramil 0811/08 Widang, Serda Prapto Susilo berharap, dengan sosialisasi ini warga mengerti dan bisa memahami tentang HIV/AIDS, sehingga kejadian diskriminasi yang menimpa salah seorang warga terinfeksi HIV/AIDS atau penyakit menular lainnya tidak terulang kembali.
 
“Tidak seharusnya seorang anak mendapat pengucilan dan diskriminasi dari warga akibat kesalahan dari orang tua mereka, kita sebagai warga harus menerima keberadaan mereka, karena mereka sebagai anak juga butuh pendidikan,” tegasnya. (Penrem 082/CPYJ)
tags:

Related For Babinsa Koramil Widang Bersama Tim Kesehatan Puskesmas Beri Pemahaman Warga Tentang HIV/AIDS