Babinsa Koramil 0815/06 Kemlagi Lakukan Pendampingan Pemupukan Tanaman Padi

 RML KEMLAGI PENDAMPINGAN TANI (1)
MOJOKERTO.     Kegiatan pendampingan ketahanan pangan masih terus berlangsung di wilayah Koramil Jajaran Kodim 0815 Mojokerto.  Kali ini Babinsa Mojopilang Koramil 0815/06 Kemlagi Koptu Maryono melaksanakan pendampingan terhadap petani di Dusun Gebangsari Desa Mojopilang Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto, Kamis (25/01/2018).
 
Koptu Maryono terjun langsung ke sawah untuk mendampingi pemupukan dan penyemprotan tanaman padi di lahan milik Cak Nur, seluas 0,5 hektar. Pemupukan dengan menggunakan pupuk urea sedangkan penyemprotan dilakukan menggunakan 1 unit handsprayer. Selain pemupukan dan penyemprotan hama, dilakukan juga penyiangan tanaman padi dari gulma secara manual.  Secara bersamaan, Babinsa Mojowiryo Koptu Gunardi juga membantu kegiatan penyemprotan tanaman padi di lahan sawah Dusun/Desa Mojowiryo dengan menggunakan 1 unit handsprayer.    
 
Secara terpisah, Danramil 0815/06 Kemlagi Kapten Inf Eko Wahyudi, mengatakan kegiatan pendampingan yang dilakukan Babinsa terhadap para petani di wilayah binaan ini merupakan bagian dari upaya khusus ketahanan pangan dalam rangka mendukung dan mensukseskan swasembada pangan.  
 
Proses perawatan tanaman padi ini, lanjutnya, sangat penting dilakukan diantaranya melalui pemupukan yang seimbang dan sesuai takaran agar tanaman padi tersebut bisa tumbuh subur dan berkembang secara baik sehingga saat panen tiba hasilnya memuaskan dan mampu mencukupi kebutuhan pangan di wilayah.  Selain itu perlu juga pemeliharaan melalui penyiangan tanaman padi untuk membersihkan gulma sehingga rumpun padi dapat berkembang sempurna, pungkasnya.
 
Sementara Ketua Poktan Dusun Mojopilang, Sumarsono, mengatakan, pihaknya sangat terbantu dengan adanya kegiatan pendampingan yang dilakukan TNI melalui Babinsa di desa.  Dirinya juga mengucapkan terima kasih atas peran Babinsa dalam kegiatan pendampingan kepada petani, semoga kegiatan ini akan terus berlangsung, harapnya.
.
 (Penrem 082/CPYJ).

Related For Babinsa Koramil 0815/06 Kemlagi Lakukan Pendampingan Pemupukan Tanaman Padi